Makanan Terjaga, Jantung Terjaga - Male Indonesia
Makanan Terjaga, Jantung Terjaga
MALE ID | Sex & Health

Sudah menjadi rahasia umum, penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling menakutkan di dunia. Organ ini berfungsi memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Jika lengah memelihara kesehatannya, pada waktu yang tak disangka dapat menyebabkan kematian.

pexels.com
pexels.com

Banyak cara untuk mencegah ataupun memelihara kesehatan jantung. Salah satunya dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman pilihan yang dapat membantu kesehehatan salah satu organ manusia terpenting ini.

Baca Juga : Hindari Makanan dan Minuman Ini Sebelum Bercinta

Beberapa sumber makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan jantung antara lain:

1. Almond
Kacang almond merupakan jenis kacang yang kaya dengan asid lemak tidak jenuh dan phytosterol. Almond juga mengandung vitamin E ekstra, vitamin B kompleks, dan asam lemak omega-3.

2. Apel
Selain adanya serat larut dalam apel yang dapat mengikat lemak dalam usus, yang diterjemahkan dalam fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol, senyawa fenolik yang ditemukan dalam kulit apel juga dapat mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri. Ketika plak terbentuk di dalam arteri maka ia akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang mengarah ke penyakit jantung koroner.

3. Soya
Kacang soya kaya mampu mengendalikan kolesterol LDL dan sekaligus sebagai antioksidan untuk mencegah kanker. Soya juga dapat membantu mencegah timbunan plak pada pembuluh darah.

4. Buah Berry
Buah-buahan seperti strawberry, blueberry dan rasberry mengandung komponen yang mirip dengan resveratrol di dalam buah anggur. Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan jenis pterostilbene yang dapat merangsang sel-sel hati untuk bekerja mencerna lemak dan kolesterol.

5. Ikan Laut
Jenis ikan laut seperti tuna dan salmon sangat kaya dengan asid lemak omega terutama Omega 3, Omega 6 dan Omega 9. Mengkonsumsinya secara teratur dapat menurunkan risiko penyempitan pembuluh darah.

6. Teh Hitam
Teh hitam yang dihasilkan melalui proses fermentasi setelah daun dipanen lalu dikeringkan ini mengandung antioksidan kuat yang membantu mendukung kesehatan jantung. Kandungan dalam teh hitam dapat risiko stroke, mengurangi LDL (kolesterol jahat), memperbaiki fungsi pembuluh darah, dan meningkatkan aliran darah dalam arteri koroner.

7. Teh Hijau
Dalam teh hijau terkandung banyak antioksidan yang baik untuk jantung. Tapi teh hijau tidak difermentasi. Meminum teh hijau dalam jumlah yang banyak dapat mencegah resiko penyakit arteri koroner. Ada juga beberapam penelitian yang menghubungkan konsumsi teh hijau dengan kolesterol rendah, pencegahan pembekuan darah dan stroke.

8. Delima
Para pakar dari University of California menemukan fakta bahwa, kapasitas antioksidan dalam jus delima ternyata berjumlah tiga kali lipat lebih tinggi dari pada anggur merah dan teh hijau. Mengkonsumsi rutin jus buah delima dapat menurunkan kolesterol, mengurangi plak arteri dan meningkatkan aliran darah ke jantung.

9. Air Putih
Salah satu yang dapat memningkatkan faktor risiko penyakit jantung koroner adalah dehidrasi. Saat dehidrasi maka darah akan menjadilebih kental, sehingga akan lebih banyak energi yang dibutuhkan untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Maka banyak-banhyaklah meminum air putih 8 - 10 gelas bagi orang dewasa) setiap hari agar terhindar dari dehidrasi.** MALE

SHARE