Cari Kerja di Job Fair, Perhatikan Hal Ini - Male Indonesia
Cari Kerja di Job Fair, Perhatikan Hal Ini
Sopan Sopian | Works

Meskipun zaman sudah terbilang cukup modern dan sudah banyak lowongan kerja sekaligus melamar kerja bisa dilakukan lewat internet, namun job fair masih menjadi salah satu metode mencari kerja yang banyak digandrungi.


Photo: USAG- Humphreys/Flickr

Bagi sebagian orang, memang mengunjungi job fair dinilai sebagai hal yang sia-sia karena merasa tidak mampu atau tidak efektif saat bersaing dengan ribuan pelamar kerja lainnya di tempat tersebut. 

Akan tetapi di sisi lain, job fair masih menjadi salah satu metode mencari kerja yang efektif bagi sebagian orang dan memang terbukti bisa mendatangkan posisi yang mereka harapkan. Alasannya, job fair adalah bursa atau pameran di mana perekrut akan mencari calon pekerja yang prospektif. 

Artinya, Anda akan berkesempatan untuk menyerahkan CV secara langsung atau bahkan menjalani sesi walk in interview. Nah, untuk itu agar Anda sukses melamar pekerjaan di job fair, berikut 5 tips yang perlu Anda perhatikan.

Cari Informasi yang Akurat
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi mengenai gelaran job fair di kota Anda. Ini bisa Anda temukan melalui iklan koran, internet, milis pencari kerja atau milis yang dimiliki oleh universitas tertentu yang selalu update mengenai lowongan pekerjaan. 

Anda juga bisa mencari tahu kira-kira perusahaan mana saja yang akan turut serta di sana, sehingga Anda bisa mencari berbagai informasi terkait dengan perusahaan-perusahaan tersebut. 

Dengan begitu, Anda bisa memilih dan membuat gambaran awal mengenai perusahaan mana saja yang akan Anda lamar nantinya. Berbagai informasi ini akan membuat Anda lebih selektif dan memiliki waktu yang cukup untuk mempertimbangkan untuk melamar di perusahaan mana saja.

Persiapkan CV Terbaik
Curriculum Vitae (CV) adalah salah satu hal yang menentukan berhasil tidaknya lamaran Anda, karena itu jangan pernah malas untuk membuat dan mempersiapkan CV dengan sebaik mungkin. 

Buatlah sebuah CV yang memang benar-benar bisa mewakili diri Anda, dan memiliki kriteria CV yang semestinya. Jangan berlebihan dan membuatnya dalam beberapa halaman yang panjang, pastikan CV tersebut tidak lebih dari 3 halaman saja. Periksa semua halaman dengan baik, hindari berbagai kesalahan penulisan dan juga tanda baca yang tidak perlu di sana.

Selain yang sudah dicetak, persiapkan juga CV dalam bentuk softcopy. Hal ini akan mempermudah Anda untuk memcetak kembali di tempat print terdekat, jika sewaktu-waktu Anda kehabisan lamaran yang sudah tercetak. Ini juga bisa Anda jadikan sebagai pegangan, siapa tahu pihak perusahaan memang meminta Anda memasukan lamaran dalam bentuk email ke website mereka.

Tunjukkan Antusiasme
Agar sukses melamar kerja di job fair adalah dengan menunjukkan bahwa Anda antusias. Ketika datang ke job fair, datanglah dengan semangat dan antusiasme yang tinggi. Jangan lupa untuk selalu tersenyum dan tunjukkan antusiasme Anda pada perekrut.  

Ketika Anda bertanya pada perekrut tentang perusahaan, denagarkan penjelasannya dengan baik. Menunjukkan antusiasme dan semangat akan meninggalkan kesan baik pada perekrut. Tentu saja meninggalkan kesan adalah hal yang sangat penting, apalagi Anda harus bersaing dengan ratusan job seeker lainnya.

Cari Kesempatan Bicara pada Manajer HR
Tips lainnya untuk sukses melamar kerja di job fair adalah dengan berbicara pada HR manajer perusahaan. Jika memungkinkan untuk berbicara pada anggota senior atau manajer HR saat acara job fair, maka jangan sia-siakan kesempatan tersebut. 

Setiap anggota tim HR pastinya dapat memberikan Anda segala informasi tentang perusahaan dan apa yang perusahaan cari. Sedangkan manajer HR adalah orang yang memiliki pengaruh besar. Dengan menununjukkan secara langsung pada manajer HR tentang potensi diri Anda yang dibutuhkan oleh perusahaan, tentunya Anda akan lebih diperhitungkan.

Jalin Networking
Dalam dunia karier, menjalin networking adalah hal yang sangat penting. Datang ke job fair adalah salah satu kesempatan untuk meperluas networking. Pastikan Anda mendapatkan kartu nama dari setiap orang dari perusahaan yang stannya Anda datangi. 

Kartu nama ini akan sangat berguna ketika Anda perlu mem-follow up informasi  tentang lowongan pekerjaan dari perusahaan tersebut. Tidak hanya dengan pihak perusahaan, Anda juga bisa menjalin networking sesama job seeker.  Meskipun saling bersaing, tapi Anda tidak pernah tahu jika dikemudian hari bisa saling bertukar informasi yang bermanfaat. *** (SS)

SHARE