Stunt Pogo, Cara Seru Menikmati Pantulan - Male Indonesia
Stunt Pogo, Cara Seru Menikmati Pantulan
MALE ID | Sport & Hobby

Entah sadar atau tidak, Anda pasti pernah melihat orang yang melompat-lompat dengan berdiri di atas tongkat yang berbentuk huruf T? itulah olahraga stunt pogo. Alatnya disebut pogo stick.


Photo: Mobilus In Mobili/Flickr

Pogo stick tidak hanya alat untuk bermain, tetapi berevolusi menjadi medium olahraga dengan nama stunt pogo. Olahraga masuk dalam definisi olahraga ekstrem, yang pastinya mempunyai resiko yang cukup tinggi. 

Olahraga ini secara khusus diciptakan oleh pencipta tongkat Pogo-nya sendiri, bernama George Hansburg. Pada saat itu, Hansburg melakukan perjalanan ke Burma untuk bertemu dengan seorang petani miskin. Disitulah awal pertemuan Hansburg dengan anak perempuan yang bernama Pogo.

Oleh ibunya, si cantik Pogo dibuatkan sebuah tongkat unik berbentuk huruf T. Selain digunakan untuk bermain, tongkat tersebut biasa digunakan untuk pergi ke kuil dengan melewati jalan yang berlumpur dan berbatu. Dengan tongkat tersebut, Pogo tidak butuh alas kaki untuk melewati medan yang cukup sulit.

Melihat hal ini, akhirnya Hansburg mendapatkan ide untuk membuat sebuah tongkat dengan bentuk yang hampir sama, tapi dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan modern. Demi menghormati si cantik Pogo, Hansburg kemudian memberi nama tongkat tersebut dengan nama Pogo Stick, atau tongkatnya Pogo.

Pogo Stick saat didaftarkan Hansburg, masih terbuat dari kayu. Kemudian dalam perkembangannya, Pogo Stick terus berinovasi, hingga akhirnya bahan pembuatannya diganti dengan menggunakan bahan logam.

Tidak hanya itu, dalam versi modern, Hansburg kemudian memodifikasi Pogo Stick dengan menambahkan pegas di bagian tongkat tersebut agar mampu melompat lebih tinggi. Sejak saat itulah Pogo Stick jadi salah satu alat permainan yang banyak disukai oleh orang diseluruh dunia.

Menjadi Olahraga Ekstrem
Pada 1996, akhirnya lahir olahraga baru versi lebih ekstrim dari Pogo Stick dengan nama Stunt Pogo. Olaharaga ini pertama diciptakan Dave Amstrong. Ketika itu, Dave memperkenalkan beberapa gaya ekstrim, seperti Heel Clicker, Can Can dan berbagai teknik ekstrim lainnya.

Trik-triknya sendiri berkembang sesuai keahlian pengoers (istilah pemain pogo pemula). Sehingga banyak trick yang dinamakan sesuai keinginan. Pada dasarnya tidak jauh dengan trik yang dilakukan olaraga seperti BMX, Motocross.

Ketangkasan atau trick yang dipertandingkan mulai dari ketinggian lompatan, kesulitan trik, ketahanan dan frekuensi memantul. Rekor lompatan tertinggi dipegang oleh Fred Grzybowski, dia mencapai ketinggian 2,7 meter. Di Indonesia sendiri pogo stick dengan kemampuan pegas tinggi biasa digunakan dalam olahraga stunt pogo belum banyak beredar. *** (SS)

SHARE