Daftar Kota yang Ramah untuk Mengendarai Sepeda - Male Indonesia
Daftar Kota yang Ramah untuk Mengendarai Sepeda
MALE ID | Relax

Bagi warga Indonesia, khususnya di kota besar, mengendarai sepeda adalah hal yang hampir mustahil dilakukan. Kemacetan parah, polusi udara, dan kelakuan pengendara ugal-ugalan menjadi mimpi buruk yang harus dihadapi.


Photo: PxHere

Namun hal itu tidak akan Anda temui di sejumlah kota besar di kawasan benua Eropa. Sebab, banyak kota sudah membuat infrastruktur dan regulasi yang memudahkan warga atau wisatawan untuk mengendarai sepeda sebagai salah satu pilihan transportasi.

Bahkan menariknya, bersepeda keliling kota merupakan salah satu paket wisata yang memikat para wisatawan. Alasannya, selain menyenangkan, aktivitas ini juga menyehatkan tubuh.

Menukil dari Lonely Planet, di bawah ini terdapat 20 daftar kota terbaik untuk mengendarai sepeda berdasarkan Copenhagenize Index 2019. Check this out!

Kopenhagen


Photo: Kristoffer Trolle/flickr

Ibu kota Denmark ini didaulat sebagai pemegang peringkat pertama dalam daftar kota terbaik untuk bersepeda. Sekitar 62 % warga Kopenhagen memilih menggunakan sepeda ketimbang kendaraan bermotor, sebagai moda transportasinya.

Amsterdam


Photo: Needpix

‘Terobsesi’ menyusul Copenhagen, Amsterdam sekarang berada di peringkat kedua. Pemerintah kota Amsterdam kian berkomitmen membuat kota ini nyaman bagi para pengendara sepeda.

Kota Amsterdam bahkan berambisi melenyapkan 11 ribu area parkir mobil pada tahun 2025, untuk diganti dengan pohon, jalur sepeda, dan jalur pejalan kaki.

Utrecht


Photo: Pixabay

Satu lagi kota di Negeri Kincir Angin yang ‘ramah’ bagi pesepeda. Utrecht sudah lama dikenal sebagai kota yang memiliki infrastruktur kelas dunia untuk pengendara sepeda. Para pemegang keputusan di Utrecht juga sangat mendukung kotanya sebagai ‘rumah’ paling ideal bagi pengendara sepeda.

Antwerp


Photo: wikimedia commons

Kota kecil di Belgia ini bisa dijadikan opsi untuk menikmati sensasi bersepeda yang nyaman. Karena kecepatan rata-rata bersepeda di tempat ini mencapai 30 km/jam. Kondisi itu dapat ditemui di hampir 95 % kawasan Antwerp.

Sementara itu, 16 kota lain yang memberikan sarana bagi para pesepeda antara lain:

- Strasbourg, Prancis

- Bordeaux, Prancis

- Oslo, Norwegia

- Paris, Prancis

- Vienna, Austria

- Helsinki, Finlandia

- Bremen, Jerman

- Bogota, Kolombia

- Barcelona, Spanyol

- Ljubljana, Slovenia

- Berlin, Jerman

- Tokyo, Jepang

- Taipei, Taiwan

- Montreal dan Vancouver, Kanada

- Hamburg, Jerman [GP]

SHARE