Perkasa karena Tisu Magic, Aman Enggak Sih? - Male Indonesia
Perkasa karena Tisu Magic, Aman Enggak Sih?
MALE ID | Sex & Health

Tisu magic adalah sebutan untuk produk yang banyak dijual bebas sebagai tisu basah antiseptik. Lebih detailnya, tisu ini dapat dipakai dengan diusap ke organ vital sebelum bercinta.

tisu magic - male IndonesiaPhoto: Pxhere.com

Bahkan ada anggapan bahwa tisu magic dapat meningkatkan performa bercinta kaum adam. Seksolog Prof. dr. Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS, menjelaskan ini disebabkan tisu magic punya efek anastesi lokal yang berfungsi seperti obat bius.

Dengan kulit mati rasa atau kebas selama kurun waktu tertentu, diharapkan ereksi bertahan lebih lebih lama. Padahal, ejakulasi dini tak hanya diakibatkan minimnya sensitivitas kulit pada area sensitif pria.

“Jangan sampai tertipu soal cara mengatasi ejakulasi dini pada pria. Jika disfungsi ereksi bisa selesai dengan memakai tisu magic, maka fasilitas pelayanan dan pendidikan di bidang kesehatan tidak lagi diperlukan. Kondisi itu hanya dapat diatasi lewat pengobatan yang tepat,” tutur Prof. Wimpie.

Ejakulasi dini mengindikasikan perlunya tinjauan pada seluruh kesehatan pria. Termasuk bagaimana otaknya menerima respon yang bersifat seksual pada tubuh.

Prof Wimpie menyarankan agar pria yang mengalami ejakulasi dini segera berkonsultasi pada dokter terkait. Konsultasi dan terapi secepatnya memungkinkan masalah akan teratasi.

Lantas, amankah pemakaian tisu magic dalam jangka panjang? Spesialis kulit dan kelamin dr. I Gusti Nyoman Darma Putra, SpKK, mengatakan kalau pria sebetulnya tidak harus membersihkan organ intim dengan antiseptik sebelum bercinta.

Di samping itu, beberapa bahan tisu magic juga tidak benar-benar bebas risiko alergi terutama pada Mr P yang cenderung sensitif.

“Untuk setiap bahan terkadang bisa menimbulkan alergi, namun pada orang-orang tertentu. Karena kulit area penis cenderung sensitif,” ujar dr. Darma.

Sementara itu, menurut dr. Andri Wanananda, anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), pria boleh saja memakai tisu magic sebelum berhubungan intim demi mencegah ejakulasi dini dan memperpanjang lama ereksi.

“Pilihlah tisu yang sudah memperoleh izin edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kemenkes RI. Tisu tersebut mengandung bahan-bahan yang bersifat anaesthesi lokal, sehingga kulit penis tidak terlanjur sensitif atau peka ketika penetrasi ke dalam organ intim wanita,” kata dr. Andri. [GP]

SHARE