Krav Maga, Seni Bela Diri yang Sesungguhnya - Male Indonesia
Krav Maga, Seni Bela Diri yang Sesungguhnya
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Saat ini, sebagian besar sistem bela diri tidak hanya bertujuan untuk menjaga keselamatan diri, melainkan juga memenangkan kompetisi cabang dari bela diri tersebut. Maka jangan heran, kalau sekarang banyak latihan bela diri yang memperhatikan aspek keindahan gerak layaknya capoeira.


Photo: Pixabay

Walau begitu, rupanya masih ada seni bela diri yang ‘sesungguhnya’ di daratan Israel. Seni bela diri itu disebut dengan krav maga.

Krav maga merupakan bela diri dari jarak dekat atau sistem perlindungan di dunia yang dikhususkan untuk pertarungan sebenarnya. Menariknya, krav maga tidak dimasukkan sebagai cabang olahraga, sehingga tidak dipertandingkan atau dibuat kompetisi.

Bahkan krav maga juga tidak digunakan untuk permainan karena seni bela diri ini benar-benar dipelajari guna bertahan. Jadi, dapat dikatakan kalau krav maga jauh lebih ‘serius’ ketimbang ilmu bela diri lain yang meski bisa dipakai bertahan, namun cukup sering dilombakan.

Di dalam krav maga, Anda akan belajar mengalahkan lawan dengan cepat, menyelesaikan baku hantam, entah berdiri atau bergulat di lantai, serta menghadapi penyerang yang memakai pisau dan senjata lainnya.

Selain itu, Anda pun juga mempelajari bagaimana melemahkan lawan. Terlepas dari ukuran tubuh, latar belakang pelatihan atau tingkat pengalaman lawan tersebut.

Hal ini yang membuat krav maga menjadi sangat menarik dan menantang. Anda punya kesempatan besar untuk mengalahkan seseorang yang lebih mahir di seni bela diri dengan satu cara saja.

Sistem bela diri ini didasari pada langkah sederhana dan spontanitas yang bekerja ketika Anda tengah berada dalam kondisi terdesak. Krav maga terus dikembangkan, teknik demi teknik diuji, dan dievaluasi. Sistemnya beragam namun terstruktur, terdiri dari hit and run sampai the real deal.

Orang-orang yang mendalami krav maga kerap disebut sebagai praktisi atau krav maga practitioner. Mereka akan memadukan beberapa ilmu bela diri lain menjadi satu. Wing chun sebagai dasar perlindungan terhadap senjata, teknik judo dan jiu jitsu untuk menjatuhkan lawan, dan muay thai dengan menyerang titik terlemah lawan.

Ada beberapa prinsip umum dalam krav maga. Antara lain tidak boleh terluka, menetralkan penyerang secepat mungkin, transisi dari bertahan ke menyerang secepat mungkin, eksploitasi refleks alami tubuh, eksploitasi bagian tubuh yang mudah diserang, serta penggunaan semua benda sebagai bantuan.

Kesimpulannya, krav maga bukan tentang penguasaan ratusan teknik, atau gerakan yang indah dilihat. Bela diri ini brutal, cepat, dan mematikan. [GP]

SHARE