Jenis Olahraga Air Menantang yang Harus Anda Coba - Male Indonesia
Jenis Olahraga Air Menantang yang Harus Anda Coba
MALE ID | Sport & Hobby

Kegiatan berolahraga selain menyehatkan juga bisa menyenangkan. Apalagi untuk olahraga tertentu, misalnya olahraga air. Olahraga air saat ini memiliki jenis dan variasi yang cukup banyak. 

Jika pada umumnya orang lebih famiar dengan renang, maka sebenarnya ada banyak olahraga air lainnya yang menyenangkan. Olahraga air ekstrem sendiri biasanya lebih dikenal dengan surfing atau papan selancar. Tapi nyatanya itu juga masih ada yang lain dan begitu menggoda.

Flyboard


Gambar oleh Marzena P. dari Pixabay 

Jenis olahraga yang masih tergolong baru ini, menggunakan sebuah alat yang bisa membuat terbang di atas air. Pada bagian kaki akan dipasang sebuah alat menyerupai jet air. Alat itu akan menyemprotkan air dengan tenaga yang sangat besar sehingga bisa terangkat bahkan sampai terbang.

Hal yang harus Anda lakukan adalah menyeimbangkan badan, hingga bisa bertahan lama di atas. Jika sudah menguasai untuk bisa bertahan lama di atas, tidak menutup kemungkinan juga untuk bisa melakukan sedikit trik-trik.

Hoverboard


Billede af Ray Reeths fra Pixabay 

Untuk olahraga yang satu ini, hampir memiliki kemiripan dengan Flyboard. Sama-sama menggunakan mesin jet air yang mengeluarkan semburan air dengan kekuatan yang sangat besar.

Perbedaannya, alat jetnya tidak disangkutkan ke kaki, melainkan menggunakan sebuah papan yang menyerupai skateboard. Jadi bisa dibilang bermain skateboard hanya di tambah semburan air dibawahnya.

Prinsip dari permainan olahraga ini sebenarnya juga hampir sama dengan Flyboard. Hanya perlu menyeimbangkan badan pada saat sudah diatas. Semakin lama bisa bertahan, maka semakin keren akan dilihat.

Kitesurfing


Gambar oleh Christo Anestev dari Pixabay 

Olahraga yang sangat populer di Amerika dan Eropa ini termasuk ke dalam salah satu olahraga air ekstrem lainnya. Kitesurfing merupakan olahraga yang menggabungkan surfing dan layangan. Anda tidak hanya harus mengendarai papan selancar tetapi juga mengendalikan angin yang menerbangkan layangan. 

Olahraga ini membutuhkan kekuatan tangan untuk mengendalikan layangan dan kekuatan kaki untuk mengendalikan papan seluncur yang berada di atas ombak. Untuk mencobanya, Anda tidak perlu jauh-jauh terbang ke luar negeri karena di Bali pun sudah banyak yang menyediakan kesempatan bagi Anda.

Windsurfing


Gambar oleh ???? ?? dari Pixabay 

Olahraga lainnya yang mirip dengan kitesurfing adalah Windsurfing. Akan tetapi Windsurfing jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan Kitesurfing. Olahraga ini membuat Anda harus berselancar dengan papan selancar yang telah dimodifikasi dengan layar. 

Selain harus mengendalikan ombak dan angin, Anda juga dituntut untuk menyeimbangkan perahu dan layarnya yang berat untuk tetap bisa menerjang ombak. Untuk melakukannya, Anda harus menguasai beberapa teknik-teknik dasar yang membutuhkan waktu lumayan lama untuk dipelajari. *** (SS)

SHARE