5 Tahapan untuk Bisa Terlepas dari Masa Lalu - Male Indonesia
5 Tahapan untuk Bisa Terlepas dari Masa Lalu
MALE ID | Relationships

Putus hubungan dengan seseorang yang sangat Anda cintai selalu sulit. Berapa banyak malam tanpa tidur yang telah Anda lalui sejak hari Anda mengucapkan selamat tinggal? Berapa hari menyakitkan yang Anda lalui sejak hari Anda hancur? Berapa lama Anda terjebak di masa lalu dan tidak bisa melanjutkan hari baru Anda?

Masa Lalu - Male Indonesia
Foto oleh Leo Cardelli dari Pexels

Anda ingin melupakan. Dan Anda ingin memaafkan. Tapi Anda tidak bisa. Anda pikir Anda telah melupakan ingatan terbaik masa lalu. Tetapi setiap kali Anda berjalan melewati tempat di mana Anda berdua pertama kali bertemu, masa lalu yang indah muncul di pikiran Anda lagi, dan Anda hanya bisa terpaku.

Melepaskan tidak pernah mudah. Tapi inilah yang bisa Anda lakukan dengan kesedihan dan kehilangan. Dalam laman Life Hack, Elisabeth Kübler-Ross, seorang psikiater Swiss, memperkenalkan lima tahap melepas masa lalu dalam bukunya On Death and Dying (1969).

1. Menyangkal Realitas Situasi
Reaksi pertama terhadap hilangnya suatu hubungan adalah menyangkal realitas situasi. Ini adalah mekanisme pertahanan untuk menghentikan Anda dari berurusan dengan perasaan yang menyakitkan. Anda mencoba berpura-pura semuanya baik-baik saja, tetapi jauh di lubuk hati Anda, Anda tahu itu tidak nyata.

Untuk itu, ingatkan diri sendiri bahwa segala sesuatu telah berubah setiap harinya. Jangan mengecek ponsel dan membaca pesan lama darinya, atau bahkan menghubunginya. Tetap bersama dengan orang-orang yang bisa membantu Anda mengenali kebenaran situasi Anda.

2. Alihkan dengan Olahraga
Seiring berjalannya waktu, kenyataannya menjadi buram dan Anda secara bertahap akan merasakan sakit hati. Rasa sakit kadang-kadang diarahkan dan dinyatakan sebagai kemarahan. Anda perlu seseorang untuk disalahkan karena menyebabkan Anda kesakitan. 

Mantan Anda, orang-orang di sekitar Anda, alam semesta, atau bahkan diri Anda sendiri. Secara rasional, Anda tahu mereka mungkin bukan yang harus disalahkan tetapi Anda tidak bisa mengendalikan emosi Anda.

Untuk itu, Anda lebih baik memaafkan diri Anda atas segala kekurangan karena tidak ada yang sempurna. Sadarilah bahwa Anda bukan satu-satunya yang menderita rasa sakit. Untuk mengalihkannya, Anda bisa mengalihkan perhatian Anda melalui olahraga

3. Menyadari Bahwa Anda Jomblo
Ketika Anda menyadari bahwa kenyataan begitu menyakitkan, Anda panik dan berusaha untuk bertahan hidup. Anda akan melakukan apa saja untuk membalikkan situasi. Anda mencari cara yang mungkin untuk memenangkannya, mungkin melalui negosiasi atau ancaman. Anda hanya tidak ingin merasakan sakitnya.

Tetapi dari pada Anda berperilaku yang justru memperburuk citra Anda, Anda sebaiknya membiarkannya. Hindari kontak langsung untuk sementara waktu. Jauhi media sosial yang berkaitan dengan si dia. Sadarilah bahwa Anda cukup mandiri untuk menjadi jomblo.

4. Berlibur Kepedasaan
Ketika Anda akhirnya menyadari bahwa Anda tidak dapat melakukan apa pun untuk mengubah apa pun yang Anda alami, Anda benar-benar depresi, merasa lelah sepanjang waktu, tidak ingin melakukan apa pun, menghindari teman dan keluarga, kehilangan nafsu makan atau makan berlebihan, menderita insomnia atau terlalu banyak tidur. Intinya semua keputusasaan membuat Anda merasa sulit untuk maju.

Tidak ada yang mengatakan itu mudah tetapi Anda harus mendapatkan kembali kesehatan mental dan fisik Anda sebelum terlambat. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang positif. Beristirahat sejenak dari pekerjaan. Pergi ke pedesaan dan hirup udara segar.

5. Menerima dengan Lapang Dada
Ketika Anda mulai menerima apa pun yang terjadi pada Anda, Anda secara bertahap akan bisa berdamai dengan kehilangan. Hal-hal yang membangkitkan ingatan mungkin masih memicu emosi Anda, tetapi Anda dapat mencegah penyerapan diri lagi.

Jauhkan diri Anda dari tempat-tempat yang memicu emosi Anda. etakkan foto lama di tempat yang tidak mudah dijangkau. Fokus pada manfaat status jomblo. Dan percayalah bahwa semuanya akan baik-baik saja dan itu hanya masalah waktu saja. *** (SS)

SHARE