Cara Atasi Kebutuhan Hubungan Layaknya Budak Cinta - Male Indonesia
Cara Atasi Kebutuhan Hubungan Layaknya Budak Cinta
Sopan Sopian | Relationships

Hubungan yang sehat harus membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri. Anda harus merasa termotivasi, penuh kasih, dan penuh kehidupan. Tetapi hanya karena Anda ingin menjadi diri Anda yang terbaik di sekitar pasangan Anda, tidak berarti Anda terlihat seperti budak cinta (bucin).

Budak Cinta - Male IndonesiaPhoto: Pexels.com

Mencintai dan membutuhkan pasangan Anda adalah bagian indah dari suatu hubungan. Tetapi kebutuhan yang berlebih justru bisa lebih banyak merusak daripada kebaikan. Lalu bagaimana caranya untuk mengatasi kebutuhan hubungan alias bucin ini. Mengutip laman Lifehack, berikut ini cara keluar dari zona bucin.

Tetap Pada Komunikasi yang Sehat
Komunikasi yang baik adalah tulang punggung hubungan yang hebat. Begitulah cara pasangan belajar bekerja sebagai satu tim, menyelesaikan pertengkaran secara sehat, dan saling mengenal satu sama lain di tingkat yang lebih dalam.

Ketika Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan atau keinginan pasangan Anda, Anda harus mulai belajar bagaimana mengekspresikan diri dengan cara lain. Berlatihlah berbicara dengan pasangan Anda. Gunakan pernyataan "Aku" alih-alih pernyataan "Kamu" sehingga mereka tidak merasa harus bersikap defensif saat berbicara dengan Anda.

Jelaskan rasa keterpurukan Anda kepada pasangan Anda, sehingga mereka dapat memiliki empati untuk Anda dan lebih memahami mengapa Anda bereaksi terhadap situasi dengan cara tertentu. Ini pasti akan memperkuat hubungan Anda.

Istirahat dari Media Sosial
Media sosial bisa sangat merusak kesehatan mental. Studi menunjukkan bahwa mereka yang menghabiskan waktu di media sosial cenderung memiliki lebih banyak masalah dengan kesehatan mental daripada mereka yang tidak. Karena media sosial bisa membuka jendela ke masa lalu pasangan Anda.

Menguntit mantan secara online pasangan Anda bisa mengarahkan Anda ke jaringan kecemburuan dan harga diri yang rendah. Menonton pasangan Anda berinteraksi di media sosial juga dapat membuat Anda terus-menerus gelisah, curiga, dan paranoid tentang apa yang mungkin terjadi di belakang Anda.

Untuk itu, bantulah diri Anda dan istirahat sejenak dari media sosial selama seminggu, dan lihat seberapa baik perasaan Anda. Jika kebutuhan Anda atau perilaku mengendalikan telah berkurang selama seminggu, pertimbangkan untuk berhenti selamanya. Ini tidak hanya akan memperbaiki hubungan Anda, tetapi juga akan meningkatkan kesehatan mental Anda.

Hindari Selalu Ingin Dekat Pasangan
Jangan biarkan kebutuhan merusak sesuatu yang baik dalam hubungan Anda. Pasangan Anda layak mendapatkan kepercayaan dan kebebasan untuk memiliki kehidupan sosial yang sehat tanpa Anda selalu berada di sisi mereka.

Membebaskan juga membantu Anda menjalani kehidupan yang lebih bahagia. Tingkatkan kesehatan mental Anda dengan menyingkirkan kecenderungan yang membutuhkan untuk selamanya. *** (SS)

SHARE