Aktivitas Seksual Sembuhkan Pengidap Parkinson? - Male Indonesia
Aktivitas Seksual Sembuhkan Pengidap Parkinson?
Gading Perkasa | Sex & Health

Aktivitas seksual yang baik bisa membantu orang-orang penderita penyakit parkinson untuk memiliki hidup lebih berkualitas. Sebuah studi terbaru mengatakan hal tersebut.

penyakit parkinson - Male Indonesia
Photo: pexels.com

Seperti dikutip dari Webmd, sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Italia dan Inggris melakukan analisis aktivitas seksual dan perkembangan penyakit pada 355 pengidap parkinson.

Mereka menemukan, pasien pria di tahap awal yang aktif secara seksual memang mengalami perkembangan penyakit yang lebih ringan. Selain itu, dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif, kehilangan keterampilan motorik serta gejala penyakit lainnya cenderung lebih tidak terlihat.

“Ini sejalan dengan data yang menunjukkan hubungan cukup erat antara kesehatan seksual dan kesehatan umum. Baik pada individu yang sehat dan pada pasien dengan penyakit kronis,” kata ketua peneliti Marina Picillo, asisten profesor di Center for Neurodegenerative Diseases University of Salerno, Italia.

Studi ini meneliti pasien ketika pertama kali didiagnosis menderita penyakit parkinson. Selain pemeriksaan gejala dan kebiasaan sehari-hari, mereka juga ditanya tentang hubungan intim yang dilakukannya selama setahun terahir.

Picillo dan rekan-rekannya menyatakan, pasien pria yang melakukan aktivitas seksual, memperlihatkan kehilangan motorik yang lebih ringan dan kualitas hidup lebih baik bagi mereka.

“Hubungan antara kehidupan seksual aktif dan peningkatan gejala motorik serta non-motorik sangat penting,” ujar profesor neurologi, Adolfo Ramirez-Zamora dari University of Florida, Amerika Serikat menanggapi penelitian tersebut.

“Ini sesuai konsep bahwa meningkatan fungsi seksual berarti meningkatkan kesenangan, komunikasi, dan kepuasan di antara pasangan, mengoptimalkan keintiman hubungan, serta mengurangi stres gejala Parkinson,” ujarnya lagi.

Menukil Daily Mail, ada beberapa cara untuk meringankan gejala parkinson. Misalnya dengan pengobatan dan terapi fisik. Namun, hal lain yang dapat menyelamatkan seseorang dari parkinson adalah berhubungan intim secara rutin.

Bahkan para peneliti menyarankan, agar dokter yang menangani pasien parkinson juga menanyakan terkait aktivitas seksual mereka.

Penelitian yang dimuat di European Journal of Neurology ini sendiri didasarkan pada belum adanya pengobatan atau pencegahan tepat untuk parkinson. Sehingga mereka berharap, hubungan seksual bisa membantu.

“Gunakan alat olahraga Anda dan berkeringat lewat berbagai kegiatan seperti lari, bersepeda, atau Anda bisa mencoba hubungan seks,” ucap Daiga Heisters, perawat spesialis penyakit parkinson, seperti dikutip Daily Mail. [GP]

SHARE