Olahraga Ekstrem Stand Up Paddleboarding - Male Indonesia
Olahraga Ekstrem Stand Up Paddleboarding
MALE ID | Sport & Hobby

Apakah Anda pernah mendengar salah satu jenis olahraga Stand Up Paddle? Belakangan, olahraga ini menjadi salah satu olahraga yang populer. Padahal olahraga ini sudah menjadi olahraga outdoor yang populer di Indonesia sejak 2013.

Gambar oleh Tammy Cuff dari Pixabay 

Sebenarnya paddleboarding memiliki istilah awal yang disebut, Paddling. Istilah paddling mengarah pada kegiatan mengayuh menggunakan paddle atau dayung yang tidak terhubung dengan perahu. 

Paddle dapat disertai satu atau dua bilah dayung yang dihubungkan tangkainya. Paddling jenis ini kerap disebut stand up paddleboard atau disingkat SUP. 

Dalam olahraga paddle, usia dan tingkat kebugaran bukanlah suatu masalah. Siapa pun dapat mencoba paddle. Perlu diketahui, stand up paddleboarding adalah olahraga air yang paling cepat tumbuh. 

Pertama kali dilakukan di pantai-pantai Amerika Serikat pada 2004, stand up paddleboarding kini makin populer. Akan tetapi dalam sejarahnya, stand up paddleboard berasal dari Hawaii pada 1976-an, dengan sebutan lokalnya Hoe he’e nalu. 

Dulunya kegiatan ini dilakukan untuk membantu navigasi gelombang laut. Namun kini berkembang menjadi olahraga air yang bisa dilakukan di danau, sungai, bahkan laut. Bahkan, tak sedikit pula yang mempraktikkan gerakan yoga mereka di atas papan paddle.

Jika dilihat dari tekniknya, sebenarnya SUP adalah hibrid dari surfing dan canoeing. Berdiri di atas paddle board mengadopsi teknik surfing dan mengayuh dengan dayung milik teknik canoeing. Penyebutan SUP di tiap-tiap negara juga berbeda. Ada yang menyebutnya stand up paddling atau stand up paddle surfing

Terkait dengan klasifikasinya yang masuk ke dalam olahraga air, SUP ternyata membawa berbagai tantangan untuk ketahanan tubuh. Jika Anda mengaku sebagai pria yang suka tantangan, rasanya Anda mesti mencoba lahraga SUP ini.

Selain itu, SUP ternyata melatih kekuatan, kardio, keseimbangan dan fleksibilitas tubuh dalam satu waktu. Jadi, Anda mesti mempunyai ketahanan tubuh yang kuat juga untuk bisa lancar bermain SUP.

Meski belum terlalu familiar di Indonesia, olahraga paddle kerap diadakan di Pulau Seribu, Pelabuhan Ratu sampai Bali. Nah, apakah merasa tertantangan dan Anda tertarik dengan olahraga ini? *** (SS)

SHARE