Hanya Satu Solusi untuk Sembuhkan Katarak - Male Indonesia
Hanya Satu Solusi untuk Sembuhkan Katarak
Sopan Sopian | Sex & Health

Katarak adalah gangguan penglihatan terkait penuaan yang menyebabkan penglihatan menjadi keruh dan buram berawan. Katarak membuat Anda seperti melihat dari balik jendela yang berdebu tebal.

katarak - male IndonesiaPhoto by Travis Seera from Pexels

Katarak merupakan salah satu penyebab utama kebutaan di dunia. Indonesia bahkan menempati peringkat kedua dengan kasus kebutaan akibat katarak yang tertinggi setelah Eutopia dan peringkat pertama di Asia Tenggara. 

Mata katarak bisa disembuhkan lewat operasi katarak. Tapi banyak orang yang enggan menjalani operasi karena takut risiko komplikasinya. Padahal, katarak merupakan penyakit yang tidak dapat dihindari. Seiring bertambahnya usia seseorang, peluang terserang gangguan penglihatan ini juga semakin tinggi.

Dr. Ricky E Rooroh menjelaskan, katarak adalah proses terjadinya kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan gangguan fungsi penglihatan, dan biasanya terjadi pada orang-orang berusia di atas 40 tahun atau paruh baya.
 
Adapun yang sering menjadi masalah, kata Dr. Ricky, lensa yang sudah mengeruh dibiarkan begitu saja. Dan jika dibiarkan terlalu lama, katarak berpeluang semakin mengeras hingga mengakibatkan kebutaan.

“Bila seseorang menderita katarak, tindakan satu-satunya untuk menanggulanginya adalah operasi. itu saja satu-satunya solusi. Obat ataupun vitamin apapun tidak akan membantu,” jelas Dr. Ricky dalam konferensi pers Klinik Mata Nusantara (KMN) EyeCare beberapa waktu lalu di Jakarta.

Dengan demikian, Dr. Ricky menegaskan bahwa ini merupakan fakta yang harus diluruskan kepada masyarakat, bahwa kendati terlihat menakutkan, operasi katarak merupakan tindakan yang tidak dapat dihindari bagi penderitanya.

Laman nhs.uk menuliskan, bahwa operasi pengangkatan katarak merupakan satu prosedur operasi yang paling banyak dan paling cepat. Itu karena seorang pasien tidak memerlukan perawatan intensif pasca operasi dan bisa melakukan segala kegiatan seperti biasa terhitung 24 jam setelahnya.

Selain itu, alih-alih membutuhkan waktu berjam-jam dalam prosedur pelaksanannya, operasi katarak hanya dilakukan dalam 30 hingga 45 menit. Tak hanya itu, efeknya pun bisa langsung dirasakan pasien pasca operasi selesai.

Katarak bisa menyerang salah satu mata atau keduanya. Namun prosedur operasi katarak membatasi hanya sebelah mata bisa dioperasi setiap waktunya. Sedangkan, sebelahnya akan ditangani begitu mata yang telah dioperasi pulih. *** (SS)

SHARE