Tren Transformasi Digital di Tahun 2020, Siapkah? - Male Indonesia
Tren Transformasi Digital di Tahun 2020, Siapkah?
MALE ID | Digital Life

Selama beberapa tahun terakhir, sebagian besar diskusi tentang tren transformasi digital tahun 2020 sudah mulai terasa sedikit berulang. Mulai dari Cloud, Edge Compute, Internet of Things, Augmented Reality.

Photo: Good Free Photos

Sementara teknologi inti yang sama mendominasi diskusi ini akan terus menjadi fondasi bagi perjalanan transformasi digital. Tahun 2020 ditentukan oleh kelas teknologi baru yang siap muncul ke panggung utama. Sebut saja 5G, AI, advanced data analytics dan banyak lagi.

Berikut ini tren transformasi digital yang bakal populer di tahun 2020, melansir Forbes:

5G For You and Me
Dengan beberapa nama besar di bidang telekomunikasi seperti Qualcomm, AT&T, Verizon, Nokia, dan Huawei memastikan bahwa penyebaran global 5G tetap sejalan, dan pembuat perangkat Android terbaik dunia merilis ponsel jaringan 5G.

Selain kecepatan broadband yang lebih tinggi dan jaringan seluler lebih andal, proliferasi 5G juga mempercepat kemajuan di smart city, smart vehicle, smart manufacture, dan teknologi intensif IoT yang membutuhkan 5G.

Dengan kata lain, 5G tidak terbatas pada ponsel. Hampir setiap industri yang menyentuh kehidupan manusia sehari-hari akan ditransformasikan menjadi lebih oleh evolusi teknologi.

Jaringan WiFi yang lebih cepat
Meskipun WiFi 6 dan 5G adalah teknologi yang sama sekali berbeda, itu akan membawa kita lebih cepat dan koneksi nirkabel pada tahun 2020. Keduanya bekerja secara bersamaan dan menciptakan kombinasi konektivitas ultra cepat yang sempurna.

WiFi 6 memperluas kecepatan data lebih ke perangkat yang jauh lebih banyak daripada WiFi 5. Jumlah perangkat yang terhubung pada jaringan WiFi rata-rata diperkirakan bakal tumbuh dari 10 menjadi 50 selama beberapa tahun ke depan, itu membutuhkan kecepatan, efisiensi, dan kemampuan WiFi yang lebih cerdas.

Kualitas dan volume data yang dikonsumsi melalui jaringan WiFi juga meningkat, dan WiFi 5 tidak dapat menangani semua beban dengan baik. WiFi 6 menghilangkan kekurangan ini mulai tahun 2020.

Analytics adalah keunggulan kompetitif
Perusahaan yang masih belum berinvestasi dalam analytics pada tahun 2020 mungkin tidak akan berbisnis di tahun 2021. Terlalu banyak data pelanggan yang sangat berharga untuk dikumpulkan, diproses, dan berubah menjadi wawasan bagi perusahaan agar tetap kompetitif tanpa memanfaatkan alat analitik modern.

Setiap perusahaan teknologi besar telah menemukan bahwa masa depan adalah data. Terlepas dari industri apa yang digeluti, analytics akan kembali menjadi salah satu titik fokus paling dominan dari data transformasi digital.

AI dan machine learning menjadi pengganda kekuatan untuk data analytics
Jika Anda akan berinvestasi dalam analytics, Anda juga perlu AI dan machine learning agar dapat menavigasi lautan informasi dan data yang sangat luas. Nilai AI dan machine learning untuk analisis data dapat disaring menjadi tiga proposisi nilai terpisah, yaitu kecepatan, skala, dan kenyamanan.

Kecepatan dan skala berbicara keuntungan mengotomatisasi analisis kumpulan data besar sebagai lawan penugasan analis data manusia untuk tugas tersebut. Di sisi kenyamanan, penambahan AI dan machine learning ke alat analisis telah membuatnya menjadi intuitif, mudah digunakan, dan lebih bisa diandalkan.

Blockchain melampaui Crypto
Blockchain overhyped dan bisa disimpulkan selalu gagal pada tahun 2019. Namun memasuki tahun 2020, akan terlihat skala pada beberapa kasus penggunaan yang bermakna untuk blockchain di luar cryptocurrency.

Layanan Amazon menerapkan teknologi ini dengan platform blockchain as a service berbasis langganan mereka. Banyak raksasa teknologi lainnya juga bermain di area ini, termasuk Samsung, Microsoft, IBM dan Alibaba.

Blockchain akan digunakan dalam keamanan pangan, kekayaan intelektual dan royalti, dan manajemen real estate atau aset.

AI menjadi percakapan antar muka yang sah
Agaknya mustahil menggunakan voice to text untuk membuat pesan obrolan yang layak. Namun setidaknya, percakapan AI menjadi berguna pada 2020. Proyek seperti Microsoft Conversational AI bekerja keras membangun platform yang mengikuti percakapan kompleks dan memahami emosi manusia.

Sedangkan chipset dan SOC yang dikembangkan khusus untuk smart device akan sangat baik mengisolasi suara manusia dari latar belakang yang berisik, dan memproses bahasa alami dalam real time.

Connected vehicles, drone otonom dan smart city jadi nyata
Kombinasi edge compute dan 5G akan membawa kita lebih dekat ke mobil yang benar-benar otonom, drone, dan smart city pada 2020. Walau Tesla adalah pihak yang mengusung ide ini, banyak perusahaan ikut aktif.

Sebut saja Intel, Nvidia, Qualcomm, BMW, Volvo dan Ford yang bermitra, sementara Uber membangun armada otonom mereka dan Amazon akan mengirimkan setiap kebutuhan masyarakat melalui drone otonom. [GP]

SHARE