Brand Fashion Eksklusif untuk Skateboarder - Male Indonesia
Brand Fashion Eksklusif untuk Skateboarder
Gading Perkasa | Looks

Anda tentu tahu brand fashion Supreme bukan? Ya, brand tersebut beberapa tahun terakhir sangat populer dan digandrungi banyak orang, terutama kaum adam.

Photo by Riley Franzke from Pexels

Supreme sendiri didirikan pada 1994 di New York City, Amerika Serikat. Berawal dari toko kebutuhan skateboard kecil yang menjual t-shirt dan hoodie, ia berkembang menjadi brand fashion eksklusif yang bernilai miliaran dolar.

Rata-rata produk yang mereka ciptakan cenderung dibanderol tinggi. Seperti contoh, hoodie Supreme yang berkolaborasi dengan Louis Vuitton memiliki banderol puluhan juta rupiah. Lalu, apa yang membuatnya begitu valuable? Simak uraian yang telah kami rangkum dari Business Insider, sebagai berikut.

Dibuat Dalam Jumlah Terbatas
Supreme memiliki strategi yang unik. Jika perusahaan fashion lain mencoba untuk menghasilkan biaya produksi rendah dengan membuat satu item sebanyak mungkin, mereka justru melakukan sebaliknya.

Brand fashion yang didirikan oleh James Jebbia ini malah membatasi jumlah dari setiap edisi fashion rilisannya, seperti Rolex x Supreme Submariner tahun 2013 yang dikeluarkan hanya sejumlah 20 buah saja di seluruh dunia.

“Kalau kami bisa menjual 600 buah, maka kami akan memproduksinya 400 buah. Begitulah cara kami,” kata James Jebbia, pendiri Supreme, melansir dari Highsnobiety.

Mereka juga memposisikan agar produknya semakin sulit didapat. Walau permintaan besar, Supreme tetap konsisten menciptakan produk secara terbatas dan dijual dalam satu kali rilis.

Berkolaborasi dengan Artis dan Brand Ternama
Selain memiliki jumlah yang terbatas, Supreme meningkatkan eksklusivitas brand-nya melalui cara berkolaborasi dengan artis ternama dan brand fashion lain. Seperti pada tahun 2017, mereka bekerja sama dengan Andres Serrano yang mengeluarkan hoodie dan papan skateboard.

Brand sekaliber Vans, Clarks, dan Nike pun tidak ketinggalan turut berpartisipasi. Di tahun 2006 misalnya, Supreme dan Nike berkolaborasi merilis sepatu bernama Supreme Blazer SB.

Jumlah Reseller Cukup Banyak
Karena jumlah yang dikeluarkan pada setiap edisinya terbatas, itu menjadi peluang bagi beberapa orang untuk menjual kembali produk Supreme mereka. Banyaknya peminat pakaian dengan model streetwear membuat mereka membeli Supreme sebagai investasi, supaya nantinya bisa dijual kembali dengan harga lebih tinggi. [GP]

SHARE