Mobil Ikonik Volkswagen Edisi Terakhir, Minat? - Male Indonesia
Mobil Ikonik Volkswagen Edisi Terakhir, Minat?
MALE ID | Sport & Hobby

Volkswagen telah lama mengumumkan bahwa mereka bakal menghentikan produksi mobil ikonik legendarisnya, Beetle. Di tahun 2019, mereka akhirnya secara resmi menutup kisah panjang VW Beetle dengan memberikan penghormatan terakhir di pabrik Beetle di Puebla, Meksiko.

Photo: vw.com

Prosesi penghormatan terakhirnya juga ditandai dengan menampilkan VW Beetle rakitan terakhir di pabrik tersebut.

“Berat membayangkan di mana kami akan hadir tanpa Beetle. Sejak impor pertama pada tahun 1949 hingga edisi terakhirnya yang bergaya retro, Beetle memiliki peranan penting dalam evolusi Volkswagen dan itu akan selamanya kami hargai,” ujar Scott Keogh, CEO Volkswagen Group of America, melansir situs resmi Volkswagen.

Pada rakitan terakhirnya itu, Beetle hadir dalam balutan warna denim blue coupe yang membuatnya semakin terlihat menarik. Mobil ini sendiri rencananya tidak akan dijual oleh pihak VW, melainkan disimpan di museum mereka sebagai bentuk penghargaan terhadap nama besar Beetle.

VW Beetle sendiri pertama kali dikenalkan pada tahun 1938 silam. Kala itu, Beetle langsung berhasil menjadi primadona di Jerman serta beberapa negara di Eropa, berkat desainnya yang sederhana, dan praktis.

Kiprah Beetle sebagai mobil rakyat saat itu pun semakin mentereng di Benua Biru. Kondisi pasca Perang Dunia II memaksa sebagian orang mencari sebuah mobil yang mudah perawatan dan tangguh untuk digunakkan.

Pada generasi pertamanya tersebut, VW Beetle berhasil terjual sebanyak 21,5 juta unit selama kurun waktu 59 tahun dari 1938 hingga 1997.

Selanjutnya, di tahun 1998, VW akhirnya secara resmi meluncurkan Beetle generasi kedua yang tampil lebih fresh, namun tetap ikonik. Sayangnya, kiprahnya tidak sukses seperti pendahulunya.

Di generasi kedua, VW hanya mampu mencatatkan angka penjualan Beetle sebanyak 1,2 juta unit dalam periode waktu 1998 hingga 2010. Dan terakhir di tahun 2011, VW kembali mengenalkan Beetle generasi ketiga.

Nyaris serupa generasi keduanya, penjualan Beetle generasi ketiga juga terus merosot. Bahkan di masa terakhirnya, VW Beetle hanya terjual sebanyak 500 ribu unit.

Dengan berakhirnya perakitan dari Beetle, pabrik Volkswagen di Meksiko pun akan fokus memproduksi SUV compact mereka untuk pasar Amerika. Sayonara Beetle! [GP]

SHARE