Mau Liburan ke Laut Mati, Simak Tips Berikut - Male Indonesia
Mau Liburan ke Laut Mati, Simak Tips Berikut
Gading Perkasa | Relax

Laut mati terletak di negara perbatasan Israel, Yordania dan Palestina. Meskipun bernama laut, sebenarnya tempat ini merupakan danau yang berisi air sangat asin. Sebab, kandungan garamnya hampir sepuluh kali lipat lebih banyak dibandingkan laut pada umumnya.

Photo: tsaiproject/flickr

Akibatnya, tidak ada satupun hewan atau tanaman bisa hidup di sana. Menariknya, di Laut Mati, manusia bisa mengapung dengan sendirinya.

Buat Anda yang mau liburan ke Laut Mati, simak beberapa tips berikut, melansir dari Times of India:

Waktu Terbaik
Waktu terbaik mengunjungi Laut Mati adalah Maret - April atau Oktober - November, saat musim semi dan musim gugur tiba. Hindari berkunjung pada musim kemarau, karena suhunya akan membakar kulit Anda, sekitar 40 derajat Celsius.

Untuk waktu berenang di sana, paling tepat ketika pagi hari. Dimana matahari belum terlalu panas.

Jangan Menyelam
Karena kadar natrium (garam) sangat tinggi membuat air di Laut Mati lebih asin daripada air laut pada umumnya. Jika air laut biasa sudah cukup perih di mata, sudah terbayang kan betapa perihnya air di Laut Mati? Jadi pastikan jangan coba-coba menyelam.

Pakai Lotion atau Pelembap Kulit
Walau teriknya sinar matahari di musim semi dan gugur tidak terlalu ekstrem, pastikan gunakan lotion. Laut Mati didasari tumpukan kristal garam yang membuat pantulan sinar matahari berpotensi merusak kulit.

Jangan Lupa Alas Kaki
Kristal garam di Laut Mati bukan hanya memantulkan sinar matahari lebih terik, melainkan juga melukai kaki. Karena itu, usahakan selalu gunakan alas kaki supaya pijakan Anda aman dan tidak tergores kristal. Lebih amannya lagi, kenakan sepatu anti air selama berendam.

Pastikan Tidak Ada Luka di Tubuh
Membiarkan luka terbuka saat berendam di Laut Mati tentu menyiksa liburan Anda. Luka akan sangat perih dan terasa sakit ketika terkena air Laut Mati yang sangat asin. So, pastikan tidak ada iritasi atau luka di tubuh Anda.

Stay away from gadget
Laut Mati punya kadar garam sangat tinggi, dan itu berbahaya bagi perangkat elektronik atau gadget. Sebaiknya, Anda tidak memakai gadget selama berada di area Laut Mati karena akan merusak perangkat tersebut. [GP]

SHARE