Travel Blogger, Wajib Bawa 5 Perangkat Ini - Male Indonesia
Travel Blogger, Wajib Bawa 5 Perangkat Ini
Sopan Sopian | Digital Life

Blogger memang menjadi profesi yang paling banyak diminati oleh kebanyakan orang saat ini. Salah satu yang paling banyak digemari oleh kebanyakan orang adalah travel blogger. 

Asyiknya mengulik travel blogger bukan hanya dirasakan pembacanya tapi juga penggiatnya. Layanan media sosial dan kegiatan jurnalisme warga yang berkembang semakin pesat turut mendorong ramainya ulasan tentang urusan pelesir di internet lewat travel blog.

Siapa saja yang punya minat dan niat untuk mengangkat soal traveling bisa jadi travel blogger, apalagi kalau dibekali peralatan penunjang yang canggih untuk menangkap beragam pengalaman di tengah perjalanan. Lalu perlangkapan canggih apa yang wajib dimiliki travel blogger?

Notebook


Image by Free-Photos from Pixabay 

Notebook menjadi sarana penunjang kegiatan Anda sebagai travel blogger. Dengan notebook, Anda dapat menulis artikel seputar perjalanan Anda ke destinasi wisata untuk di-posting di blog Anda.

Tak hanya itu, Anda dapat mengedit foto perjalanan Anda menggunakan software yang tersedia pada notebook Anda seperti Adobe Photoshop. Dengan begitu, konten blog Anda menjadi semakin menarik melalui kombinasi artikel dan foto yang ciamik.

Smartphone


Gambar oleh Pexels dari Pixabay 

Selain untuk berkomunikasi, smartphone memiliki beragam fungsi lain seperti menulis artikel, mengambil gambar, dan mengedit foto. Apalagi saat ini hadir beragam smartphone di pasaran dengan spesifikasi dan fitur handal yang dapat menunjang kegiatan tersebut. 

Anda dapat menulis artikel di smartphone Anda menggunakan aplikasi Microsoft Word dan aplikasi olah dokumen lainnya. Disamping itu, Anda juga bisa mengedit hasil foto Anda menggunakan aplikasi Adobe Photoshop Express dan aplikasi photo editor lainnya.

Aplikasi Map


Gambar oleh Dariusz Sankowski dari Pixabay 

Aplikasi map menjadi aplikasi penting yang wajib dimiliki seorang blogger. Dengan aplikasi map, Anda bisa mengetahui rute perjalanan, GPS dan lainnya untuk menuju destinasi wisata. Aplikasi map ini sangat berguna agar Anda tidak tersesat saat melakukan perjalanan.

Ada beragam aplikasi peta yang dapat Anda gunakan. Jika Anda menggunakan smartphone Android, aplikasi map bawaan seperti Google Maps dapat Anda andalkan.

Koneksi Internet (Modem)

Pexels.com

Untuk mem-posting artikel di blog Anda, tentunya Anda memerlukan koneksi internet yang stabil. Anda bisa menggunakan thetering hotspot melalui smartphone Anda, modem ataupun mengandalkan hotspot area. 

Ketika Anda berada di tempat terpencil yang belum memiliki koneksi internet, tentunya Anda tidak dapat mengandalkan hotspot area. Sebaiknya Anda menggunakan modem untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil. Jika Anda menggunakan thetering hotspot melalui smartphone Anda, biasanya koneksi internet yang dihasilkan tidak stabil.

Kamera


Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay 

Kamera menjadi hal utama yang harus Anda perhatikan sebagai seorang travel blogger dalam mengabadikan momen perjalanan. Saat ini hadir beragam jenis kamera dengan fitur handal yang dapat membantu Anda dalam menjalankan kegiatan sebagai seorang travel blogger. 

Mulai dari kamera DSLR, kamera pocket hingga action cam menawarkan beragam fitur menarik yang dapat memberikan hasil jepretan yang maksimal. Jika kamera DSLR terasa berat untuk dibawa bepergian, Anda bisa membawa kamera pocket yang saat ini kualitasnya mampu menandingi kamera DSLR. 

Meskipun saat ini kualitas kamera smartphone sangat handal, namun kamera konvensional masih menjadi prioritas utama karena tidak semua dapat diabadikan dengan kamera smartphone. *** (SS)

SHARE