Jangan Salah Kira, Pria Juga Bisa Menopause - Male Indonesia
Jangan Salah Kira, Pria Juga Bisa Menopause
MALE ID | Sex & Health

Setelah lama diidentikkan dengan wanita, ternyata menopause juga dapat terjadi di kalangan pria. Ini karena menjelang usia akhir 40-an hingga awal 50-an, beberapa pria dapat mengalami gejala-gejala yang mirip seperti saat wanita mengalami menopause.

Gambar oleh ?? ? dari Pixabay 

Menurut Damian Sendler, seorang pakar seksologi, gejala atau perubahan menopause para pria memengaruhi kualtias seksual pria dan membuat penampilan mereka terganggu. "Pria kehilangan rambut, mengalami kesulitan buang air kecil, dan memiliki risiko kanker prostat lebih tinggi," tuturnya dalam laman Menshealth.

Perubahan pada pria saat menopause juga terlihat pada kualtias kulit yang menurun, di mana pria cenderung terlihat lelah. Bahkan pria mengalami penurunan kekuatan fisik dan kinerja seksual. 

Ketika pria mencapai usia pertengahan 50an, kata Sendler, prostat mereka cenderung membesar. Kondisi ini menyebabkan beberapa gejala menopause pria yang tidak menyenangkan.

Ukuran prostat diatur oleh hormon androgen. Androgen adalah hormon steroid yang merangsang atau mengontrol perkembangan dan pemeliharaan karakteristik pria.

Hormon ini mengikat reseptor androgen yang juga merupakan pendukung aktivitas organ seks pria dan pertumbuhan karakteristik seks sekunder pria. Salah satunya androgen berkait dengan produk konversi testosteron yang disebut 5-DHT.

Dalam laman WebMD, menopause pada pria juga diperparah dengan faktor gaya hidup. Sebagai contoh, pola makan yang tidak baik dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut, salah satu gejala yang muncul pada menopause pria. Masalah psikologis seperti masalah keuangan, perceraian, dan kekhawatiran terhadap hari tua bisa juga menjadi penyebab munculnya gejala-gejala menopause. 

Selain itu, menurunnya semangat hidup dan antusiasme bisa dikarenakan midlife crisis, suatu keadaan di mana pria merasa sudah mencapai usia pertengahan dan mulai mempertanyakan apa saja yang sudah ia raih selama ini. Midlife crisis yang berkelanjutan dapat menyebabkan depresi di kemudian hari.

Menopause Pada Pria Bisa Dicegah?
Penyebab dari menopause pada pria tidak hanya penurunan kadar hormon semata. Faktor kesehatan dan gaya hidup juga berpengaruh terhadap munculnya gejala-gejala menopause sehingga perubahan gaya hidup menjadi lebih baik dapat mengurangi gejala menopause. 

Mengutip laman Nhs, beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu, menjalani diet sehat, berolahraga secara teratur, tidur cukup, dan mengurangi stres. Selain perubahan gaya hidup, dokter juga mungkin menyarankan terapi hormon sebagai salah satu solusi. Tetapi hal ini masih menjadi kontroversi karena testosteron sintetis dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan seperti misalnya meningkatkan risiko kanker prostat. *** (SS)

SHARE