Seberapa Besar Manfaat NFC pada Smartphone Anda - Male Indonesia
Seberapa Besar Manfaat NFC pada Smartphone Anda
MALE ID | Digital Life

Banyak smartphone Android dipasaran yang telah menyematkan teknologi NFC. Teknologi NFC juga semakin populer belakangan ini berkat banyaknya aplikasi yang memanfaatkan teknologi ini. Tapi, apa itu sebenarnya NFC?

Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay 

Laman Android Pit menjelaskan, NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication. Pada dasarnya, NFC merupakan fitur yang digunakan ponsel untuk berinteraksi dengan sesuatu yang dekat. 

Lengkapnya, NFC beroperasi dalam radius sekitar 4 cm dan menyediakan koneksi nirkabel antara smartphone dan perangkat lainnya. Fitur ini juga memungkinkan komunikasi dua arah, dengan kedua perangkat yang terlibat dapat mengirim dan menerima informasi. 

Perlu diketahui bahwa, koneksi NFC ini tidak bergantung pada Wi-Fi, 3G, LTE atau lainnya, dan tidak ada biaya apa pun untuk menggunakannya. Meskipun sekarang menjadi populer, namun beberapa negara sebenernya telah menggunakan NFC selama bertahun-tahun, dan mereka tidak sadar hal tersebut.

Cara Mengetahui Fitur NFC
Pada umumnya, smartphone kelas menengah dan smartphone flagship telah disertai fitur NFC. Untuk mengetahui keberadaan fitur ini di smartphone, Anda bisa mengecek bagian body belakang smartphone yang biasanya diberikan informasi berupa tulisan NFC.

Jika smartphone memiliki body belakang yang bisa dilepas, Anda pun bisa melihat tag NFC yang biasanya ditempelkan pada bagian tersebut. Jika terpampang informasi keberadaan NFC di smartphone , maka secara otomatis fitur tersebut sudah bisa Anda gunakan.

Manfaat NFC untuk Keseharian
Lebih jelasnya pemanfaatan NFC ini bisa digunakan untuk mempermudah aktivitas keseharian Anda. Menurut keterangan resmi dari ZTE, pengguna dapat melakukan beberapa kegiatan, seperti menyesuaikan alarm pada smartphone, masuk ke dalam model aplikasi tertentu, mengaktifkan bluetooth atau WiFi, dan lain sebagainya.

Selain itu, dengan NFC, Anda juga bisa melakukan pembayaran, pengganti tiket transportasi, sampai mengakses informasi produk. Bahkan, contoh yang paling simpel adalah mengirimkan pesan "selamat pagi" untuk pasangan Anda.

Dengan menggunakan NFC, Anda tidak perlu mengetik pesan secara manual. Anda dapat memprogram sebuah tag NFC dan Anda dapat langsung mengirimkan pesan tersebut hanya dengan men-tap ponsel pada tag tersebut. *** (SS)

SHARE