Mengenal Alat Musik Abad Pertengahan, Hurdy Gurdy - Male Indonesia
Mengenal Alat Musik Abad Pertengahan, Hurdy Gurdy
Sopan Sopian | Story

Hurdy gurdy adalah alat musik, atau lebih tepatnya, alat musik dawai (mirip dengan biola). Hurdy gurdy pada awalnya digunakan untuk memainkan musik sakral, sebelum diadaptasi untuk memainkan musik rakyat dan kemudian populer.  

Photo: Anagoria/Wikipedia

Popularitas hurdy gurdy menurun hingga beberapa waktu lamanya. Sehingga alat musik hurdy gurdy tidak banyak yang mendengarnya. Namun, belakangan ini, hurdy gurdy sepertinya sedang mengalami kebangkitan, baik di Eropa maupun di Amerika Utara.

Disebut 'Hurdy Gurdy'
Tidak ada yang tahu alasan mengapa hurdy gurdy disebut demikian dalam bahasa Inggris. Faktanya, nama Inggris dari alat musik ini hanya diciptakan pada abad ke-18. Salah satu spekulasi adalah bahwa hurdy gurdy terkait dengan 'hurly burly', yang digunakan untuk menggambarkan keributan atau kebisingan.

Hurdy gurdy juga dikenal dalam bahasa Perancis sebagai vielle a roue, yang dapat diterjemahkan sebagai 'biola roda'. Intinya, hurdy gurdy adalah alat musik dawai, seperti biola atau gitar. 

Mengutip laman Ancient Origins, meski mirip biologa dan gita, hurdy gurdy tidak dimainkan dengan cara digosok dengan busur atau dengan petikan jari, gurdy guldy justru bisa menghasilkan suara dengan senar melalui putaran roda rosinedine. 

Dalam hurdy gurdy modern, musisi memutar roda instrumen, melalui pegangan (engkol) dengan satu tangan (biasanya tangan kanan), sedangkan tangan lainnya digunakan untuk memutar nada pada tombol-tombol di kotak kunci.


Photo: JarektUploadBot/Wikipedia

Sering dikatakan bahwa suara yang dihasilkan oleh hurdy gurdy mirip dengan bagpipe. Hal ini disebabkan oleh adanya beberapa string drone di luar keybox, yang membunyikan nada yang sama secara terus menerus. 

Salah satu string drone ini didukung oleh chien, yang merupakan jembatan kecil yang dapat dipindahkan. Dengan memutar roda lebih keras, chien dapat dibuat bergetar secara ritmis, yang kemudian menghasilkan iringan berdengung pada nada.

Asal usul Hurdy Gurdy
Asal usul hurdy gurdy masih menjadi bahan perdebatan. Menurut satu spekulasi, orang Moor dari Afrika Utaralah yang memperkenalkan alat musik ini ke Eropa. Ketika orang-orang Moor menyerbu Spanyol, mereka membawa banyak alat musik gesek, dan salah satunya bisa menjadi cikal bakal Hurdy Gurdy.

Bentuk paling awal dari hurdy gurdy dikenal sebagai organistrum. Penggambaran instrumen itu sudah ada sejak abad ke-12. Organistrum adalah versi yang lebih besar dari hurdy gurdy dan mengharuskan dua musisi untuk memainkannya.

Pada abad berikutnya, ukuran organistrum dikurangi sehingga bisa dimainkan oleh satu musisi, dan begitulah hurdy gurdy muncul. Tindakan kunci dari alat musik ini juga ditingkatkan. Awalnya alat musik ini untuk memainkan musik sakral, kemudian semamin meningkat perkembangan menjadi alat musik dansa. 

Sebagai hasilnya, gurdy hurdy menjadi kurang digunakan untuk musik sakral dan lebih banyak untuk musik rakyat dan musik populer. *** (SS)

SHARE