Kombinasi Latihan Beban dan Kardio untuk Otot - Male Indonesia
Kombinasi Latihan Beban dan Kardio untuk Otot
MALE ID | Sex & Health

Olahraga kardio berperan untuk membakar lemak tubuh. Maka dari itu, kardio bisa membantu untuk pembentukan otot jika Anda bisa menempatkannya sebagai penyeimbang untuk latihan beban Anda.

olahraga kardio pixabay.com

Karena dengan olahraga kardio, lemak yang menutupi otot dalam tubuh bisa terbakar sehingga otot akan terdefini lebih nyata dan pembentukan otot lebih efektif. Lalu seperti apa prinsip kardio uyang dapat memingkatkan massa otot lebih optimal?

1. Lakukan Kardio 2-4 Kali Seminggu

Untuk dapat meningkatkan massa otot, Anda bisa lakukan aerobik 1-2 kali satu minggu sepanjang 15-20 menit/hari. Sebab latihan ini akan menghalangi pengeluaran tenaga dalam tubuh yang memungkinkan lebih berkonsentrasi dalam pembentukan otot. Namun, jika ingin otot masif tanpa lemak, Anda bisa olahraga kardio 2-4 kali seminggu.

2. Beri Jarak Olahraga Kardio dan Latihan Beban

Beri jarak antara olahraga kardio dengan latihan beban. Setidaknya 2 hari antara di antaranya keduanya. Agar otot Anda memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pemulihan.

Bila Anda harus melakukan latihan kardio serta latihan beban di hari yang sama, pilihlah latihan aerobik yang mampu memberikan tekanan pada otot yang tidak terlatih dikala kalian berlatih beban.

3. Kurangi Risiko Cidera

Saat Anda melakukan olahraga kardio semisal berlari, hal ini memungkinkan terjadinya trauma pada otot dan persendian Anda, seperti halnya jika Anda berlatih lompat tali. Karena persendian Anda mendapatkan tumpuan beban yang berat akibat bertemunya kaki Anda dengan permukaan tanah.

Untuk mengurangi risiko cedera, Anda bisa mengganti latihan kardio Anda dengan latihan lain yang lebih aman untuk persendian Anda seperti, berenang, bersepeda atau menggunakan elliptical machine.

4. Tambahkan Interval Training

Olahraga kardio yang baik adalah meningkatkan detak jantung Anda hingga 65% dari detak jantung maksimal. Kemudian, tubuh memerlukan waktu sekitar 20 menit sebelum mulai membakar lemak.

Anda bisa mencoba metode HIIT (High-Intensity Interval Training), untuk pembakaran lemak lebih cepat dan pembentukan otot lebih optimal.

5. Menemukan Resistenti Latihan

Salah satu cara untuk meningkatkan hasil latihan kardio adalah dengan mengubah roda gigi pada sepeda atau mengubah gradien pada treadmill ke level yang lebih berat. Ini adalah cara paling efektif untuk meningkatkan intensitas latihan Anda.

Maka dari itu, temukan tingkat resistensi yang tepat agar tidak mengurangi jumlah latihan Anda saat kembali berlatih beban karena Anda sudah kehabisan energi saat melahap latihan kardio beresistensi tinggi. **

SHARE