Dijual Terbatas, Ini Mobil Khusus Balap dari Ford - Male Indonesia
Dijual Terbatas, Ini Mobil Khusus Balap dari Ford
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Gelaran Goodwood Festival of Speed yang merupakan ajang pameran mobil terbaru di Inggris dimanfaatkan oleh Ford untuk mengenalkan GT Mk II. Inilah Ford GT yang performanya ditingkatkan, dan hanya bisa dikendarai di lintasan balap.

Photo: ford.com

Ada banyak perubahan dari sisi eksterior. Ford menyematkan berbagai perangkat baru untuk memaksimalkan aerodinamika, antara lain rear wing, diffuser, splitter, fender, dive plane dan spoiler berukuran besar.

Di area atap terdapat punuk besar yang merupakan saluran angin. Ia berfungsi menyedot udara guna mendinginkan mesin, transmisi dan kopling. Dilansir dari CarAdvice, GT Mk II mampu menciptakan gaya tekan ke bawah (downforce) 400 kali dari GT untuk jalan raya.

Sektor pengereman ditunjang Brembo keramik karbon berukuran 394 mm di depan dan 358 mm di belakang. Kaki-kakinya memakai velg aluminium 19 inci yang dibalut ban Michelin Pilot Sport GT.

Demi memastikan handling berkendara andal, Ford memangkas bobotnya sebanyak 90 kg. Pabrikan otomotif ini melepaskan perangkat pengatur ketinggian suspensi dan sistem drive mode.

 
 

Kabinnya sudah pasti memiliki roll cage yang melindungi pengemudi di sirkuit saat mengalami insiden. Jok bucket Sparco dengan sabuk pengaman 6 titik diaplikasikan, semakin menjamin keamanannya.

Material karbon yang terkenal punya durabilitas mumpuni membalut bagian kabin. Informasi terkait kendaraan disediakan oleh sistem MoTec, yang bisa menampilkan kamera belakang. Menariknya, Ford memberikan opsi bagi konsumen yang ingin menambahkan kursi penumpang.

Mengusung mesin berkapasitas 3.500 cc twin-turbo V6, GT Mk II dapat memproduksi tenaga puncak mencapai 709 PS. Daya dorong disalurkan ke roda lewat sistem transmisi dual-clutch 7-speed. Pemindah gigi sama seperti Ford GT standar, hanya disetel ulang agar sesuai fungsi.

Untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal, Ford bahkan mengaplikasikan sistem pendingin inovatif yang melibatkan semprotan air. Ia hanya aktif saat mesin mengalami peningkatan suhu tinggi.

Basis GT Mk II pada dasarnya berasal dari GT yang diproduksi di pabrik Ford di Markham, Ontario, Amerika Serikat. Unit itu kemudian dibawa ke fasilitas Ford Performance and Multimatic untuk ditransformasi.

Anda tertarik membelinya? Mobil buatan Ford ini sudah bisa dipesan melalui situs resminya dengan banderol mulai dari 1,2 juta USD atau 28,276 miliar rupiah. Sayangnya, GT Mk II dibuat secara terbatas oleh Ford, 45 unit di seluruh dunia. [GP]

SHARE