Usia Mencapai Kenikmatan Tertinggi Hubungan Intim - Male Indonesia
Usia Mencapai Kenikmatan Tertinggi Hubungan Intim
Gading Perkasa | Sex & Health

Menurut Anda, di usia berapa seseorang mencapai kenikmatan tertinggi saat berhubungan intim? Usia 20, 30, atau 40? Barangkali jawaban itulah yang akan terlintas oleh sebagian besar orang.

senggama - male indonesia
Image by Isabel Ródenas from Pixabay

Percaya atau tidak, semua jawaban tersebut tidak ada yang benar. Sebab, studi terbaru menyebutkan bahwa kenikmatan tertinggi dalam berhubungan intim dicapai seseorang setelah melewati usia 50 tahun. Kok bisa?

Sebuah survei Singles in America 2018 Match.com memaparkan, pria berusia 64 tahun merasakan hubungan seksual terbaik. Hasil survei ini tidak membuat terapis seks, Holly Richmond kaget.

“Saya pikir itu menegaskan, seks yang hebat bukan tentang memiliki tubuh sempurna atau menjadi muda. Sebaliknya, hubungan seks adalah persoalan mengenal diri sendiri dan mampu mengkomunikasikan apa yang terasa baik untuk pasangan Anda,” ujar Holly, sebagaimana dikutip dari Readers Digest.

Orang di atas 50 tahun memiliki kepercayaan diri dan pengalaman untuk mewujudkan kesejahteraan seksual, yang akan menjadi hubungan intim lebih baik. Survei ini menyasar 5.000 responden dari segala usia, etnis, dan tingkat pendapatan di seluruh Amerika Serikat.

Penelitian lebih lanjut dari University of Michigan, Amerika Serikat juga menemukan 85 % orang dewasa yang aktif secara seksual melaporkan hubungan intim penting bagi kualitas hidup.

“Hampir 75 % orang dewasa yang disurvei merasa puas dengan kehidupan seks mereka,” kata psikolog klinis, Carla Marie Manly.

Sementara itu, studi lain mengungkap bahwa hubungan intim jauh lebih menyenangkan seiring bertambahnya usia. Orang-orang di kelompok usia lanjut memiliki pengalaman cukup guna mengetahui apa yang mereka inginkan dan bagaimana membicarakannya dengan pasangan.

Di sisi lain, psikolog Pepper Schwartz mengatakan, orang-orang muda menghadapi lebih banyak kekecewaan di kamar tidur karena standar mereka yang sangat tinggi. Mereka terlalu berfokus pada citra diri.

Kendati hubungan intim di usia 60-an bisa dibilang menjadi yang terbaik, Holly dan Pepper setuju bahwa orang dapat berhubungan seks hebat kapan saja dalam hidup mereka.

“Semakin kita belajar berkomunikasi dan tidak takut membicarakan dengan pasangan, maka semakin baik kehidupan seksual kita,” tutur Holly. [GP]

SHARE