Child’s Play, Kembalinya Teror Boneka Pembunuh - Male Indonesia
Child’s Play, Kembalinya Teror Boneka Pembunuh
Gading Perkasa | Review

Child’s Play (2019) merupakan film bergenre thriller garapan Lars Klevberg. Ditulis oleh Tyler Burton Smith, dan Don Mancini, film ini merupakan trilogi dari Child’s Play orisinal yang tayang pada tahun 1988 dengan boneka horor bernama Chucky.

Bedanya, jika di film pertama boneka Chucky tampak benar-benar kejam dan licik bagaikan seorang pembunuh berdarah dingin, maka di Child’s Play (2019), boneka tersebut memiliki rupa lebih ‘bersahabat’ dan diberi nama Buddi oleh perusahaan tempat pembuatannya, Kaslan.

Sedangkan nama karakter yang bermain di Child’s Play (2019) masih sama. Sebut saja Andy Barclay (diperankan oleh Gabriel Bateman), Karen Barclay (Aubrey Plaza), dan detektif bernama Mike Norris (Brian Tyree Henry).

Segala unsur mistis di film ini dihapuskan, diganti dengan perangkat artificial intelligence (AI). Ketika pertama kali perusahaan Kaslan memproduksi Buddi, boneka itu ditujukan untuk menjadi sahabat terbaik manusia dan memiliki fungsi layaknya mesin pencari Google, memutar musik, dan sebagainya.

Kengerian sudah tercium saat salah seorang pekerja di perusahaan Kaslan mendapat perlakuan semena-mena dari atasannya. Lantaran kesal, pekerja tersebut memprogram ulang boneka Buddi dari ‘teman manusia’ menjadi ‘mesin pembunuh’ dengan menghilangkan beberapa sistem keamanan.

Salah seorang pembeli yang tidak terima karena boneka Buddi miliknya mengalami kecacatan, mengembalikannya ke toko Zed Mart. Karen, yang bekerja di sana lantas membawa boneka itu ke rumah untuk diserahkan kepada Andy sebagai hadiah ulang tahun. Andy memberinya nama Chucky.

Walau senang, Andy sudah merasakan ada yang aneh dengan Chucky. Ia gagal menjalankan beberapa program, dan terkadang warna matanya memerah seperti seseorang yang dipenuhi nafsu membunuh.

Lambat laun, Chucky pun berubah kejam dan menghabisi siapa saja yang berusaha menghalangi pertemanannya dengan Andy. Kejadian tersebut, membuat  Andy justru takut dan mencari segala cara untuk menghentikan mesin pembunuh tersebut.

Dibantu oleh Falyn (Beatrice Kitsos) dan Pugg (Ty Consiglio), Andy memulai ‘perang’ dengan Chucky. Namun korban terus berjatuhan. Teror Chucky menghantui rumah keluarga Barclay dan orang-orang terdekat Andy.

Sang sutradara, Lars Klevberg mengemas film Child’s Play (2019) cenderung lebih soft, namun tidak lantas mengurangi kengerian di dalamnya. Beberapa scene dipenuhi oleh adegan berdarah, sehingga membuat penonton bergidik.

Ada pula scene yang mengundang tawa penonton, dan itulah keunggulan dari Klevberg, dimana ia memadukan unsur humor dan teror, yang rasanya mustahil ditemukan di film bergenre horror atau thriller lainnya.

Ikatan antara ibu dan anak juga terasa sangat kuat di film ini. Apa pun yang terjadi, Andy akan selalu melindungi Karen dari ancaman boneka Chucky, begitu pula sebaliknya.

Penasaran akan kelanjutannya? Tunggu apa lagi MALEnials, segera saksikan Child’s Play (2019) di bioskop kesayangan Anda! [GP]

SHARE