Tanda Umum Tubuh Terkena Penyakit Parkinson - Male Indonesia
Tanda Umum Tubuh Terkena Penyakit Parkinson
Gading Perkasa | Sex & Health

Selama ini penyakit parkinson kerap diasosiasikan sebagai penyakit orang berusia lanjut. Namun dengan aktivitas yang padat di perkotaan, ada baiknya Anda tetap waspada.

Photo by rawpixel.com from Pexels

Parkinson merupakan penyakit yang menyerang gangguan sistem saraf progresif. Gangguan pada sistem saraf ini lambat laun akan memengaruhi gerakan. Gejala dan tanda penyakit tersebut biasanya muncul berangsur-angsur dan memburuk dari waktu ke waktu. Tremor di salah satu tangan kerap menjadi tanda Parkinson.

Pada tahap awal penyakit Parkinson, wajah biasanya menunjukkan sedikit atau bahkan tanpa ekspresi sama sekali. Lengan pun tidak terayun saat sedang berjalan. Suara yang keluar seringkali tidak jelas. Meski dapat berbeda-beda pada setiap orang, ini yang akan dirasakan oleh penderita Parkinson, mengutip dari Mayo Clinic.

Tremor
Tremor atau gerakan yang tidak terkendali pada anggota gerak seperti tangan atau ibu jari merupakan tanda dari Parkinson. Saat sedang tidak beraktivitas, tangan dapat gemetar tanpa sebab.

Gerakan menjadi lebih lambat
Parkinson membuat gerakan menjadi lebih lambat. Tugas-tugas sederhana bisa menghabiskan waktu cukup lama dan jauh lebih sulit. Misalnya, berjalan kaki lebih lama dan langkah relatif pendek. Kasus lain yaitu kesulitan saat bangun dari kursi.

Otot terasa kaku
Kekakuan otot dapat terjadi di salah satu bagian atau seluruh tubuh. Otot yang kaku akan menimbulkan rasa sakit dan membatasi gerakan.

Keseimbangan tubuh terganggu
Parkinson juga menyerang keseimbangan tubuh. Biasanya orang yang terkena Parkinson akan kehilangan keseimbangan. Postur tubuh juga menjadi lebih bungkuk.

Kehilangan gerakan refleks
Gerakan-gerakan bawah sadar atau yang bersifat otomatis dan refleks seperti mengedipkan mata, tersenyum, dan mengayunkan tangan saat berjalan tidak terlihat pada orang dengan penyakit Parkinson.

Gangguan bicara
Kemampuan bicara ikut terpengaruh. Penyakit Parkinson membuat seseorang bicara dengan lebih lambat, ragu-ragu, dan tidak terlalu jelas.

Sulit menulis
Penderita Parkinson akan mengalami kesulitan dalam menulis. Tulisan mereka pun berubah drastis, lebih kecil dan buruk.

Sampai saat ini, penyakit tersebut tidak bisa disembuhkan. Walau begitu, obat-obatan dapat mengurangi gejalanya secara signifikan. Jika Anda memiliki tanda dan gejala penyakit Parkinson, segera hubungi dokter untuk mendapat perawatan. [GP]

SHARE