Arti Logo Kuda Jingkrak Pada Mobil Ferrari - Male Indonesia
Arti Logo Kuda Jingkrak Pada Mobil Ferrari
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Ferrari identik dengan supercar mewah yang dibekali mesin penuh performa. Maka jangan heran, kalau pabrikan asal Italia itu menjadi salah satu brand otomotif paling populer di dunia.


Photo: Pixabay

Logonya pun keren, yaitu seekor kuda hitam berjingkrak dengan latar belakang berwarna kuning. Di bagian atas logo, terdapat tiga warna, hijau putih, dan merah yang merepresentasikan bendera negara Italia.

Di balik brand Ferrari yang keren dan terkenal, rupanya ada sejumlah arti atau makna khusus terkait logo kuda jingkrak buatan mereka. Simak penjelasan di bawah ini, mengutip Caradvice.

Logo Kuda Jingkrak Berasal dari Pesawat Tempur di Perang Dunia I
jauh sebelum disematkan pada tiap mobil yang diproduksi Ferrari, logo kuda jingkrak sudah menempel di pesawat tempur Perang Dunia I milik Francesco Baracca. Ia sekaligus merupakan pilot pesawat tersebut.

Pendiri Ferrari, Enzo Ferrari, mengenal Baracca di akademi militer. Keduanya sempat terlibat dalam Perang Dunia I. Persahabatan keduanya pun terjalin, sampai suatu hari Baracca mengajak Enzo bertemu ibunya.

Dari ibu Baracca inilah, Enzo Ferrari memahami arti logo kuda jingkrak yang menempel di pesawat milik Baracca. Gambar itu, menurut ibu Baracca, dianggap sebagai lambang keberuntungan. Ia juga meminta Enzo selalu membawanya.

Enzo Ferrari Memulai Bisnis dari Bawah
Pasca Perang Dunia I berakhir, Enzo tak punya pekerjaan tetap. Bisnis keluarganya berantakan. Ia bahkan pernah bekerja sebagai test driver di salah satu pabrikan mobil di kota Milan.

Bakat balap Enzo terbilang lumayan. Kariernya perlahan-lahan melesat, dan Enzo bergabung dengan tim Alfa Romeo.

Sejak saat itu, ia memberikan gambar atau logo kuda jingkrak berwarna hitam pada mobil yang ia kendarai. Logo ini lantas dijadikan logo atau tanda pengenal untuk mobil-mobil yang diproduksinya setelah berhenti balapan.

Setiap Elemen Logo Punya Makna Khusus
Sama seperti logo “Spirit of Ecstasy” milik Rolls Royce, logo Ferrari juga punya maknanya sendiri. Gambar kuda jingkrak berwarna hitam berarti keberuntungan bagi kehidupan sang pendiri, sekaligus maskot yang melindungi perusahaan.

Warna kuning pada latar melambangkan warna khas daerah kelahiran Enzo Ferrari, yakni Modena. Tiga garis berwarna hijau - putih - merah merepresentasikan bendera Italia. And last, kata bertuliskan “Ferrari” tentu saja berasal dari nama pendiri pabrik supercar tersebut, Enzo Ferrari. [GP]

SHARE