Saat Kurang Tidur, Jangan Lakukan Hal Ini - Male Indonesia
Saat Kurang Tidur, Jangan Lakukan Hal Ini
MALE ID | Sex & Health

Kesibukan bekerja membuat banyak orang kehilangan jam tidur sehingga rencana untuk menerapkan hidup sehat jadi kurang maksimal. Padahal tidur merupakan kebutuhan paling utama manusia untuk mengisi ulang energinya.

Gambar oleh Hebi B. dari Pixabay

Saat kurang tidur, kesehatan mental tak begitu optimal sehingga Anda sebaiknya menghindari untuk melakukan hal-hal tertentu. Seperti dilansir dari berbaga sumber, berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya tak Anda lakukan saat kurang tidur.

Hindari Minum Kopi Berlebih
Minum beberapa cangkir kopi sepanjang hari tidak akan membuat Anda berenergi. Sebaliknya, terlalu banyak kopi hanya akan membuat Anda merasa lelah dan semakin tidak nyaman. 

Hal ini menyebabkan tingkat energi kian menurun. Sebab, ketika minum kopi, kafein bertahan di perut hingga 5 jam. Jika Anda kembali meminum kopi lagi, hal itu akan memengaruhi kualitas tidur di malam selanjutnya.

Hindari Olahraga Intensitas Berlebih
Bekerja membutuhkan energi, tetapi jika Anda berlebihan dalam berolahraga, otot-otot akan mengalami kelelahan. Sebagai gantinya, Anda bisa mengikuti latihan yang lebih ringan. Misalnya bersepeda, yang tidak akan menyebabkan kram otot atau cidera.

Hindari Tidur Siang yang Terlalu Lama
Tidur siang yang panjang bukanlah ide yang baik karena tidur terlalu lama di siang hari membuat Anda lebih sulit tidur di malam selanjutnya. Ini akan membuat Anda lelah di keesokan harinya. Tidur siang dapat dilakukan selama 20-30 menit saja.

Hindari Junk Food
Ketika tubuh lelah, Anda cenderung memilih makanan berlemak dan tinggi kalori. Cara ini tidak sehat dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Jika Anda ingin memesan makanan cepat saji, pilih makanan yang sehat dan lezat seperti sayuran kukus dengan nasi ayam, atau coklat.

Hindari Mengemudi
Anda tak boleh mengemudi setelah minum alkohol. Namun Anda juga sebaiknya tak mengemudi ketika sedang kurang tidur. Dalam sebuah penelitian tahun 2012, peneliti menemukan bahwa kurang tidur yang bisa menyebabkan ngantuk bisa meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami kecelakaan. 

Mereka mengetahui bahwa kehilangan waktu tidur hingga empat jam bisa mempengaruhi kesehatan otak. Kurang tidur membuat kewaspadaan otak menjadi berkurang sehingga sebaiknya hindari untuk mengemudi.

Hindari Media Sosial
Kebanyakan dari Anda banyak yang menjadikan media sosial sebagai ‘tempat pelarian’ ketika merasa lelah sepanjang hari. Jika sudah begitu, Anda akan sulit tidur karena cahaya yang berasal dari ponsel dapat memengaruhi otak, dan membuat Anda terjaga lebih lama. *** (SS)

SHARE