Rockall, Pulau Kecil yang Super Istimewa - Male Indonesia
Rockall, Pulau Kecil yang Super Istimewa
Sopan Sopian | Relax

Skotlandia sedang ramai diperbincangkan oleh kalangan wisatawan. Pasalnya, di negara itu ada sebuah pulau super kecil tak berpenghuni yang tiba-tiba menjadi populer karena diserbu wisatawan dari berbagai negara. Pulau itu bernama Rockall.

Photo: Nagualdesign/wikipedia

Rockall merupakan sebuah pulau batu kecil tak berpenghuni yang biasa-biasa saja. Sama sekali tak menunjukkan adanya keistimewaan yang menonjol. Pulau ini terletak sekitar 480 km di lepas pantai barat daratan Skotlandia, dengan lebar lebih dari 25 meter dan tinggi 21 meter.

Melansir Travelandleisure, yang membuat pulau ini menarik dan super istimewa adalah para wisatawan harus membayar US$2.000 atau setara Rp 28 juta untuk berkunjung ke sana, dan jam kunjungannya dibatasi hanya 20 menit saja. Tapi, paket khusus kunjungan itu baru mulau dibuka pada Mei 2020.

Untuk mengunjungi destinasi ini, wisatawan akan mengenakan pakaian selam, sepatu bot, dan perangkat pelampung sebelum naik ke Rockall. Begitu sadar, mereka akan menghabiskan antara 15 hingga 20 menit saja di pulau itu.

Mereka yang berhasil mengunjungi pecahan vulkanik menjadi anggota Rockall Club yang eksklusif. Perjalanan yang akan dimulai dari Oban pada 2 Mei 2020 ini, dengan satu pemberhentian di St. Kilda. Meskipun perjalanan dijadwalkan memakan waktu tujuh hari, waktu sebenarnya dapat berubah tergantung cuaca.

 
 

Keistimewaan Lainnya
Usut punya usut, pulau Rockall merupakan pulau yang terbentuk dari bekas letusan gunung berapi. Di area ekitar pulau ini terdapat banyak sekali ikan. Tak hanya itu, terdapat pula cadangan minyak serta gas yang besar yang tersembunyi di dasar laut sekitarnya.

Karena kondisi inilah, pulau Rockall diperebutkan oleh 4 negara terlepas dari letaknya yang susah dijangkau, yaitu Inggris, Irlandia, Islandia, dan Denmark.

Rockall adalah piramida granit vulkanik yang muncul dipermukaan Atlantik bagaikan sirip hiu raksasa. Penghuni permanen pulau kecil ini adalah periwinkles (semacam siput) dan moluska laut lainnya. 

Sebagian burung menggunakan pulau ini untuk beristirahat saat musim panas dan terkadang untuk berkembang biak jika musim panas tenang tanpa gelombang badai yang menghantam pulau ini. *** (SS)

SHARE