Setelah Pensiun, 5 Atlet ini Malah jadi Politikus - Male Indonesia
Setelah Pensiun, 5 Atlet ini Malah jadi Politikus
Sopan Sopian | Sport & Hobby

karier yang gemilang berhasil ditorehkan beberapa atlet dunia sehingga membuatnya sosoknya begitu dikenal oleh publik. Ketenaran ini tak jarang dimanfaatkan oleh beberapa atlet untuk berpindah profesi setelah pensiun di dunia olahraga.

Banyak atlet yang pensiun dengan beralih profesi baru mereka. Beberapa ada yang kemudian berprofesi sebagai pelatih, pengusaha, selebriti, aktivis, hingga selebriti. Tak tanggung-tanggung, ada juga yang terjun ke dunia politik. Tak hanya menjadi anggota parlemen, ada juga atlet yang bahkan memilih untuk banting setir menjadi pemimpin negara.

Romario

Photo: Missionary/wikipedia

Dalam dunia sepakbola Romario disebut sebagai striker sepakbola paking produktif.  ia pernah mencetak 900 gol. Dalam kariernya selama 24 tahun, ia membantu Vasco De Gama, FC Barcelona, dan Tim Nasional Brasil untuk memenangkan serangkaian gelar juara, mulai dari Liga Spanyol hingga Piala Dunia FIFA. Alhasil, ia dapat memenangkan Golden Ball dan Pemain Terbaik Dunia FIFA pada 1994.

Usai memutuskan untuk pensiun pada tahun 2009, Romario terjun ke panggung politik Brazil. Tahun berikutnya ia terpilih menjadi Deputi dari Partai Sosialis Brazil, diikuti dengan terpilihnya sebagai Senat Brazil dari Negara Bagian Rio de Janeiro pada tahun 2014. Perolehan suara yang didapatkannya pada saat itu memecahkan rekor sebagai jumlah suara tertinggi yang pernah ada dalam sejarah pemilihan negara bagian.

Andriy Shevchenko

Photo: Mr.Drax/wikipedia

Mantan punggawa AC Milan dan Kapten Tim Nasional Ukraina ini memutuskan untuk gantung sepatu pada tahun 2012. Selepas kariernya sebagai pesepak bola, ia memilih politik sebagai karier selanjutnya. Di tahun 2012 ia memilih bergabung dengan partai Ukraine Forward dan berhasil menempati posisi kedua pada pemilihan parlemen.

Dunia politik sejatinya bukan hal yang baru bagi Sheva, panggilan akrabnya. Para akhir tahun 1990an, Sheva bersama-sama dengan rekan setimnya di Dynami Kyiv mendukung sebuah partai bernama Social Democratic Party of Ukraine dan menjadi tim sukses dari Calon Presiden Ukraina, Viktor Yanukovych.

Manny Pacquiao

Photo: Michael Howard/flickr

Karier yang gemilang dimiliki oleh petinju asal Filipina, Manny Pacquiao. Ia menjadi satu-satunya petinju yang berhasil merengkuh juara dunia di delapan divisi dalam sejarah tinju. Ia memegang 11 gelar utama dunia, juara kelas multiberat, dan masih banyak lagi.

Pacquiao mulai mencoba peruntungannya di dunia politik pada tahun 2007 lalu, namun sayangnya pada saat itu ia kalah di pemilihan pertamanya di Dewan Perwakilan Filipina. Sebuah kegagalan saja ternyata tidak bisa menghentikannya, pada tahun 2010 ia kembali mengikuti pemilu dan kali ini ia berhasil keluar sebagai pemenang.

Tidak berhenti sampai itu saja, Manny kembali memenangkan pemilihan Kongres dan Senat masing-masing pada tahun 2013 dan 2016. Bahkan atlet tinju tersebut diharapkan mencalonkan diri sebagai Presiden Filipina.

Vitali Klitschko


Photo: Pan Tau/wikipedia

Karier yang gemilang tentu saja dimiliki oleh Klitschko sehingga sosoknya sangat ditakuti di dunia tinju. Dia mendominasi ring sepanjang kariernya di dunia tinju yang berjalan selama 17 tahun sehingga tiga kali dinobatkan sebagai juara kelas berat dunia.

Petinju yang satu ini adalah salah satu atlet yang memutuskan untuk terjun ke dunia politik ketika karir mereka di dunia olahraga sedang berada di puncak-puncaknya. Klitchko memulai karir politiknya pada tahun 2006, namun pada saat itu ia masih gagal untuk memenangkan Pemilu Wali Kota Kiev. 

Namun kemudian ia berhasil menduduki jabatan sebagai Pemimpin Partai UDAR dan kemudian ditunjuk sebagai anggota parlemen dalam Pemilihan Perlemen Ukraina tahun 2012. Ia baru bisa menduduki kursi Wali Kota Kiev pada tahun 2014. 

Arnold Schwarzenegger


Photo: Sikander/wikipedia

Sebelum dikenal sebagai aktor laga, Arnold merupakan atlet binaraga yang telah memegang rekor sebanyak 5 kali dan ajang Mr. Universe dan 6 kali dalam Mr. Olympia. Selain dikenal sebagai atlet dan aktor, ia juga merupakan seorang politikus dari Partai Republik.

Karier politiknya melesat ketika ia berhasil memenangkan pemilu yang mengantarkannya menjadi Gubernur California periode 2003–2011. *** (SS)

SHARE