Masih Bisa Tetap Liburan Meski di Tanggal Tua - Male Indonesia
Masih Bisa Tetap Liburan Meski di Tanggal Tua
Sopan Sopian | Relax

Terkadang kondisi keuangan yang sudah menipis, istilahnya tanggal tua memang menjadi halangan untuk bisa liburan. Namun dengan sedikit siasat, meski sedang tanggal tua Anda tetap masih bisa liburan.

liburan tanggal tua -male indonesia
Photo by Paz Arando on Unsplash

Maka dari itu, tanggal tua jangan jadi halangan untuk liburan. Ada tips dan trik yang bisa traveler coba agar liburan tetap bisa dilakukan. 

Rencanakan Biaya Liburan
Perencanaan biaya liburan dari awal bisa mengatur keuangan yang akan dikeluarkan lebih baik dan tertata. Masing-masing perkiraan pengeluaran sudah dirinci jadi nanti tidak ada pengeluaran yang membengkak.

Cari Tempat Wisata yang Terjangkau
Rata-rata setiap negara memiliki tempat wisata yang terjangkau bahkan gratis, namun tetap menarik. Atau paling tidak tempat wisata yang tiket masuknya murah dan ramah kantong. Anda bisa mencari tau info-infonya sebelum pergi ke destinasi tersebut.

Cari Destinasi Wisata Dekat Rumah
Dengan dekatnya jarak yang ditempuh, otomatis biaya untuk transportasi bisa dikurangi, atau bahkan sama sekali tidak dibutuhkan. Liburan ke destinasi yang dekat dari rumah bukan berarti liburan traveler tidak akan berkesan.

Justru saatnya kamu untuk membuktikan bahwa liburan seru itu tidak perlu jauh-jauh dari rumah. Misalnya pergi ke pasar malam, atau nongkrong bersama teman-teman di taman sambil piknik asyik akhir pekan.

Pilih Akomodasi yang Terjangkau
Anda bisa memilih menginap di guest house atau homestay jika ingin biaya penginapan yang lebih terjangkau. Saat ini banyak penginapan yang menawarkan tarif murah namun nyaman. Anda juga bisa mengajak teman-teman untuk liburan bersama agar biaya penginapan bisa dibagi lebih banyak.

Patungan Sama Teman atau Kerabat
Selain patungan penginapan, Anda juga bisa mencoba untuk patungan dengan teman-teman untuk pergi ke destinasi wisata. Patungan jadi salah satu solusi agar biaya yang ditanggung selama liburan tidak begitu membebani dompet.

Asal disepakati bersama dulu berapa besaran patungan yang dibutuhkan masing-masing orang. Tentukan juga kemana kalian akan liburan dan berapa total biaya yang harus ditanggung bersama. Jangan lupa tunjuk satu orang teman sebagai bendahara untuk urusan keuangan. *** (SS)
 

SHARE