Ejekan yang Menjelma Jadi Sosok Legenda Brazil - Male Indonesia
Ejekan yang Menjelma Jadi Sosok Legenda Brazil
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Nama Pele identik dengan legenda dunia sepak bola. Ya, nama tersebut bukanlah nama sesungguhnya melainkan julukan bagi pesepakbola Edson Arantes do Nascimento. 


Photo: Surtsicna/wikipedia

Sejarah nama Pele ini santer karena ejekan dari teman-temannya. Di mana selalu berpura-pura bermain bola sebagai kiper dengan nama 'Bile'. Namun karena ia selalu salah ucap, maka nama 'Bile' itupun menjadi 'Pele'.

Akan tetapi, nyatanya banyak beragam versi terkait julukan tersebut. Tidak hanya dua atau tiga versi saja, tetapi lebih dari itu. Versi pertama muncul nama Pele diambil dari nama sebuah gunung yang terletak di Pulau Kilauea yang berada dalam kawasan Kepuluan Hawaii. 

Tetapi, versi lain muncul yang mana nama Pele diambil dari kata Peladas yang dalam bahasa Portugis memiliki makna botak, yang mengacu pada rerumputan tak rata di lapangan bola.

Versi ketiga, ada yang meyakini nama Pele mempunyai makna angin cepat. Hal itu juga didasarkan pada skill Pele dalam mengolah kulit bundar ketika beraksi di lapangan. Pele sendiri memang memiliki skill yang berlari secepat angin dan selalu memberi kesulitan bagi lawan-lawannya.

Keempat, adalah versi dalam bahasa Portugis. Pele berarti kaki malas. Hal itu mengacu pada kata Pe yang memiliki arti kaki dan le yang bermakna malas. Ia mengakui pada saat kecil memang suka diejek teman-temannya dengan nama Pele karena lamban dalam mengejar bola.

Terakhir, versi ini memiliki dua pandangan. Tetapi versi ini mengacu pada hal yang sama yakni kiper asal klub Vasco de Gama bernama Bile. Pandangan pertama, seorang rekan ayahnya sering kesulitan memanggil nama Bile yang kemudian mengubahnya menjadi nama Pele. Karena Edson menggemari Bile maka rekan ayahnya tersebut tak jarang memanggil dengan nama Pele.

Akan tetapi, pandangan lain mengatakan lebih merujuk pada ejakan teman-temannya yang telah disebutkan di atas. Di mana Edson sering kesulitan menyebut nama Bile hingga menjadi Pele. Hal itu pun membuat teman-teman sekolahnya sering mengejek Edson dengan memanggil Pele.

Meski awalnya sempat marah karena awalnya tidak senang dengan nama tersebut, namun nama itu justru memberi keberuntungan terhadap dirinya.

Andai cerita terakhir itu benar, maka Edson harus berterima kasih kepada rekan-rekannya. Berkat ejekan tersebut, nama Pele kini justru mendunia. Bahkan mungkin hampir seluruh dunia saat ini mengenal nama Pele. *** (SS)

SHARE