Cara Tetap Terlihat Segar Walau Habis Begadang - Male Indonesia
Cara Tetap Terlihat Segar Walau Habis Begadang
Sopan Sopian | Looks

Banyak hal yang membuat seseorang harus begadang, bisa karena kerjaan kantor yang menumpuk, nongkrong bareng teman-teman, atau karena menonton siaran olahraga. Memang tidak ada yang melarang, kecuali pasangan Anda mengetahuinya, jika begadangnya di luar tugas pokok Anda.

begadang - male indonesia
Photo by KE ATLAS on Unsplash

Bicara begadang, tentu jelas tidak ada yang sehat. Banyak penelitian tentang hal ini. Tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan, raut wajah yang kusam seperti kurang tidur juga bisa disebabkan oleh begadang.3

Siapa yang ingin, setiap bangun tidur memiliki wajah yang kurang segar? Ini justru membuat penampilan Anda kurang maksimal bukan. Maka dari itu, ada cara yang bisa Anda lakukan, meski begadang di malam harinya, Anda bisa tetap segar di keesokan harinya.

Tetap Bangun Pagi Seperti Biasa
Meski berat, cobalah untuk tetap bangun pagi seperti hari biasa. Cara ini akan mempermudah untuk kembali menyesuaikan jam biologis tubuh untuk malam dan hari-hari berikutnya. Kalau alarm sudah berbunyi, segera kumpulkan energi untuk segera bangun saat itu juga.

Minum Air
Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi. Gimana cara mengecek apakah tubuh mengalami dehidrasi atau tidak? Caranya adalah dengan mengecek warna urin. Dr. Arthur Agatston, direktur Wellness & Prevention di Baptist Health South Florida menuliskan, semakin pekat warna urinnya, semakin besar kemungkinan Anda mengalami dehidrasi. Cara pengecekan ini lebih akurat dibandingkan mendeteksi rasa haus.

Dapatkan Paparan Sinar Matahari
Kalau cuacanya lagi cerah, jangan ragu untuk mendapatkan paparan sinar matahari pagi. Buka jendela lebar-lebar, arahkan tubuh untuk bisa mendapat cahaya matahari, dan rasakan kehangatannya.

Konsumsi Kopi Secukupnya
Kopi atau minuman berkafein mungkin jadi andalan untuk mengatasi rasa kantuk akibat begadang. Tapi jangan sampai berlebihan. Kalau berlebihan, Anda bisa merasa pusing, perasaan cemas dan tak nyaman yang justru mengganggu.

"Konsumsi berlebih kopi yang tak mengalami penyaringan (direbus atau espresso) berkaitan dengan naiknya sedikit kadar kolesterol," tulis Dr. Donald Hensrud dari Mayo Clinic. 

"Dan sejumlah penelitian menemukan bahwa konsumsi dua cangkir kopi atau lebih sehari bisa meningkatkan penyakit jantung pada orang (yang umumnya terjadi) dengan mutasi genetik tertentu yang memperlambat penguraian kafein di dalam tubuh," imbuhnya.

Olahraga Ringan
Dengan olahraga ringan, aliran darah bisa mengalir lebih lancar. Menurut Dr. William Kohler, peneliti di Florida Sleep Institute, push-up atau lari mengelilingi gedung beberapa kali bisa meningkatkan kondisi terjaga dengan mengeluarkan adrenalin. Jalan kaki ringan pun dipercaya bisa membantu tubuh lebih bugar meski habis begadang semalaman. *** (SS)

SHARE