Pierogi, Cita Rasa Gurih dari Tanah Polandia - Male Indonesia
Pierogi, Cita Rasa Gurih dari Tanah Polandia
Gading Perkasa | Relax

Bila Anda sedang berlibur ke Polandia, jangan lewatkan mencicipi kelezatan kulinernya. Salah satunya pierogi, sejenis hidangan yang berbentuk seperti pangsit. Makanan ini terbuat dari adonan pembungkus yang tidak beragi, kemudian isiannya ditambahkan beberapa komponen dengan cita rasa gurih atau manis.

Photo: Charles Haynes/flickr

Kuliner pierogi memang cukup populer di daratan Slavia, Baltik, dan Eropa Timur. Walau begitu, umumnya makanan tersebut lebih dikenal sebagai hidangan nasional di negara Polandia dan Slovakia.

Di balik cita rasanya, sudahkah Anda mengetahui fakta unik seputar pierogi? Berikut kami rangkum ulasannya dari berbagai sumber.

Eksistensi Luar Biasa di Kawasan Eropa Timur
Sudah bukan rahasia lagi jika eksistensi pierogi di dataran Eropa sangat luar biasa, khususnya Eropa Timur. Saat berada di Polandia atau Slovakia, Anda tidak akan kesulitan mencarinya di berbagai tempat, khususnya kafe dan restoran.

Makna Pierogi
Pierogi merupakan kata yang berasal dari bahasa Polandia, sedangkan pengucapannya dalam bahasa inggris memiliki bentuk tunggal. Untuk jamak akan berbentuk pierogis ataupun pierogies.

Selain itu, ada beberapa nama berbeda dari negara-negara lain. Namun secara umum, pierogi bermakna kue pai.

 
 

Asal Usul Pierogi
Meskipun merupakan hidangan nasional negara Polandia dan Slovakia, disebutkan pierogi berasal dari Cina melalui Italia dalam sebuah ekspedisi Marco Polo. Sejumlah legenda lain juga mengisahkan, makanan ini dibawa orang-orang Tartar dari bekas kekaisaran Rusia dan sampai di wilayah Polandia pada abad ke-13.

Dapat Disajikan dengan Rasa Manis atau Gurih
Tidak seperti hidangan lain yang memiliki cita rasa konsisten, pierogi justru dapat dinikmati sesuai selera Anda masing-masing. Dengan kata lain, makanan tersebut bisa disajikan gurih maupun manis, tergantung isian yang digunakan.

Punya Banyak Varian
Dibalik rasanya yang unik dan lezat, pierogi punya banyak varian. Sebut saja pierogi z lososiem, isian menarik dari seafood. Buat Anda pecinta keju, dapat menikmati pierogi z serem yang berisi keju krim dan keju cottage. Sementara untuk vegetarian, ada varian pierogi z szpinakiem berisi bayam goreng.

Itulah fakta unik seputar pierogi untuk Anda ketahui saat liburan ke negara ‘kembaran’ Indonesia. Jangan lupa sempatkan cicipi kuliner ini ya! [GP]

SHARE