Ciudad Perdida, Kota yang Hilang di Kolombia - Male Indonesia
Ciudad Perdida, Kota yang Hilang di Kolombia
Gading Perkasa | Relax

Beberapa tahun belakangan, destinasi wisata Machu Picchu selalu menjadi kota yang hilang dan spot bersejarah paling digemari oleh turis. Bekas pemukiman purba yang terletak di pegunungan dalam hutan Peru itu bahkan sudah mengantisipasi overtourism.


Photo: Rory MacLeod/flickr

Namun, bukan hanya Machu Picchu saja kota yang hilang di dunia. Sebuah tempat di Kolombia bernama Ciudad Perdida ternyata jauh lebih tua dan tersembunyi.

Cuidad Perdida ada di pedalaman hutan kawasan pegunungan Sierra Nevada de Santa Marta. Diperkirakan, kota ini dibangun oleh suku Tairona, lebih dari 1.000 tahun yang lalu atau lebih tua 600 tahun ketimbang Machu Picchu. Walau baru saja ditemukan pada 1970-an.

Sejatinya, Ciudad Perdida dinamai Teyuna Tairona. Situs arkeologi ini juga sering dijuluki sebagai Machu Picchu-nya Kolombia lantaran tempatnya sama-sama berada di lereng bukit dan terselip di antara hutan hujan Amerika Selatan.

Jika Anda berminat pergi ke sana, jangan pernah berharap akses yang mudah seperti kereta api menuju Machu Picchu. Sebab satu-satunya jalan adalah menembus hutan belantara dengan berjalan kaki selama berhari-hari.

Tentu saja hal itu bisa terdengar sangat menyenangkan atau justru sebaliknya, tergantung karakter orang yang mengunjungi Ciudad Perdida.

Selain itu, wisatawan wajib didampingi oleh seorang pemandu yang sudah memiliki lisensi. Tidak akan sulit menemukan pemandu berlisensi, karena Anda bisa mengaksesnya melalui situs.

Perjalanan diawali dari sebuah kota kecil bernama Mamey. Dari tempat inilah, pengunjung harus naik kendaraan selama dua jam menyusuri jalur pesisir Kolombia. Setelah itu, baru Anda merasakan petualangan sebenarnya.

Jalur yang akan dilalui sepanjang 47 kilometer (meliputi empat perbukitan), tentunya dengan berbagai rintangan, mulai dari nyamuk, tingkat kelembapan yang tinggi, cuaca khas negara tropis, dan binatang buas. Belum lagi medan yang berlumpur dan pohon-pohon dengan akar menjuntai.

Perlu diingat, jalur tersebut adalah satu-satunya akses wisatawan. Itu artinya, Anda akan melewati segala rintangan sebanyak dua kali. Tapi rasa lelah Anda terbayar begitu menyaksikan pemandangan di lokasi tujuan utama. Pastikan tidak mengambil atau merusak apa pun yang ada di Ciudad Perdida. [GP]

SHARE