BMW Pamer Motor Listrik dengan Desain Ekstrem - Male Indonesia
BMW Pamer Motor Listrik dengan Desain Ekstrem
Gading Perkasa | Sport & Hobby

BMW Motorrad lagi-lagi unjuk kemampuan mereka dalam menciptakan sepeda motor. Diberi nama BMW Vision DC Roadster, motor listrik ini memiliki desain ekstrem di seluruh bagian.


Photo: bmwgroup.com

Bukan teknologi canggih yang patut diperhatikan. Justru desainer BMW Motorrad memulainya dengan mesin boxer. Ini menjadi bagian terpenting, agar motor milik BMW tak kehilangan identitasnya.

Walau begitu, pengemasan mesin boxer cukup sulit. Pasalnya, motor listrik relatif lebih compact dibandingkan jantung pacu konvensional BMW yang rata-rata berkapasitas besar.

Melansir dari Oto, rangkanya memikul baterai yang dipasangkan vertikal. Lalu ada bagian menjorok horizontal khas konfigurasi boxer, diganti dua lubang angin berukuran besar untuk menjaga suhu agar tetap baik. Mekanisme seperti ini mirip BMW R32 hasil pengembangan Max Friz di tahun 1923.

 
 

Sementara itu, seluruh tenaga BMW Vision DC Roadster ditransfer langsung ke roda belakang dengan gardan. Inilah ciri khas BMW, tanpa menggunakan rantai.

Komposisi tubuh motor listrik ini didominasi oleh komponen berkualitas tinggi. Mulai dari bingkai alumunium ringan, serat karbon dan beberapa bahan lain. Selain pengurangan bobot, konstruksi motor juga kuat.

Guna meredam dan meningkatkan pengendalian, pihak pabrikan menanamkan garpu dua lever di depan. Suspensi ini unik, dua besi pipih di depan sangat rigid tanpa adanya per yang terpasang vertikal dekat dengan stang kemudi. Di bagian belakang menggunakan suspensi tunggal (monoshock).


Photo: bmwgroup.com

Beranjak ke area roda, dipasang velg palang berbalut ban Metzeler yang didesain khusus. Tulisan yang tertera di sidewall diberi warna merah.

Tidak cuma itu, refleksi bakal terpancar saat terkena cahaya. Tujuannya yaitu meningkatkan keamanan pengendara saat memacu motornya di malam hari. Jadi pengendara lain bisa mengidentifikasi dengan jelas.

Bodinya sendiri dipahat sangat tajam. Dari samping tampak sudut-sudut menyiku. Tidak dibiarkan ada satu pun garis melengkung. Tempat tangki digantikan oleh tulang rangka yang juga dibuat tegas.

Lalu di bagian lampu, hanya ada headlight yang memiliki efek mengambang berbentuk u-shape dengan barisan LED. Buritannya menggunakan stoplamp futuristik.

Pabrikan menyajikan Vision DC Roadster dengan format single seat dan posisi duduk merunduk. Sementara setangnya lurus tak berliku.

Hanya saja belum ada informasi lebih lanjut dari BMW terkait perilisan Vision DC Roadster ke pasar. Setidaknya, ia bakal menjadi pilihan menarik di jajaran motor bertenaga listrik yang ramah lingkungan namun berdesain radikal. [GP]

SHARE