Apple Ikuti Tren Teknologi Ponsel Android - Male Indonesia
Apple Ikuti Tren Teknologi Ponsel Android
Gading Perkasa | Digital Life

Tren pemindai sidik jari bawah layar saat ini tengah menjamur di perangkat mobile. Para pabrikan atau vendor smartphone pun kian tertarik untuk menyematkan teknologi itu di setiap perangkat mereka. Tujuannya hanya satu, yakni mendongkrak penjualan.

Photo: Pexels

Hal ini juga terlihat di Cina, di mana penjualan smartphone dengan teknologi fingerprint scanner dikabarkan terus meroket.

Karena alasan itulah, Apple memiliki keinginan untuk menciptakan perangkat iPhone dengan pemindai sidik jari bawah layar. Setidaknya demikian yang diungkap oleh salah satu sumber di lingkungan Apple.

Terlepas dari memperoleh angka penjualan yang cukup baik, penggunaan teknologi ini akan memiliki dampak lain. Dampak tersebut adalah membuat harga dari iPhone jauh lebih terjangkau, karena meninggalkan teknologi Face ID yang tinggi.

Seperti dikutip dari Wccftech, para ahli melihat potensi penjualan yang lebih tinggi di beberapa negara di luar daratan Cina, seperti India misalnya. Tentu saja, jika harga perangkat yang lebih rendah, perusahaan asal Cupertino itu akan dapat bersaing dengan vendor lain.

 
 

Sebagai informasi, teknologi Face ID milik Apple telah menjadi solusi biometrik utama perangkat iPhone saat mereka meluncurkan iPhone X pada tahun 2017 lalu. Kendati sangat aman, komponen yang ada seperti pemancar laser cahaya terstruktur, dapat dikatakan cukup mahal untuk dibeli.

Hal itu kemudian meningkatkan biaya iPhone yang sudah tinggi dan membuatnya terlihat kurang menarik dari sudut pandang banderol jika dibandingkan dengan perangkat dari vendor lokal seperti Xiaomi, Huawei, dan Oppo.

Ketiga vendor tersebut bisa saja menawarkan fitur tingkat unggulan dengan tetap memberikan harga yang terjangkau. Alhasil, Apple tidak akan mampu bersaing jika mereka terus bersikap demikian.

Selanjutnya, menurut para ahli dari Barclays, iPhone 2020 mungkin juga menampilkan Touch ID yang dapat digunakan di seluruh bagian layar. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika mereka berencana untuk mempertahankan teknologi Face ID.

Dengan adanya pilihan ditawarkan oleh Apple membuat penggunanya bisa memilih teknologi mana yang lebih sesuai untuk mereka. Apakah Anda pun tertarik menggunakan perangkat Apple di masa mendatang? [GP]

SHARE