Asiknya Berlibur & Bermain Bersama Dugong - Male Indonesia
Asiknya Berlibur & Bermain Bersama Dugong
Gading Perkasa | Relax

Banyak hal bisa Anda lakukan ketika berwisata ke sebuah pulau, entah sekadar menikmati desir ombak di tepi pantai, berenang, hingga bercengkerama dengan penghuni laut seperti dugong. Namun hanya sedikit spot yang dapat dituju.

Photo: Adon Buckley/flickr

Menurut ilmuwan lingkungan Erina Molina, menyaksikan dugong di alam liar menjadi pengalaman yang sangat istimewa. Sebab, habitatnya semakin terbatas.

Molina yang kini berperan aktif untuk melestarikan keajaiban dunia laut memberikan saran bagi wisatawan apabila ingin bertemu dan berenang bersama dugong, seperti dilansir dari National Geographic.

Tempat yang harus didatangi
Setidaknya ada dua titik yang direkomendasikan oleh Molina bagi para perenang snorkel dan penyelam supaya bisa bertemu makhluk laut tersebut.

Yang pertama di perairan kristal di Pulau Calauit, Filipina. Para penduduk lokal memimpin wisata konservasi yang memungkinkan wisatawan bertemu dengan Aban, ikan dugong yang cukup populer di sana.

“Waktu terbaik untuk melihat dugong di Pulau Calauit adalah dari bulan Maret hingga awal Juni, ketika perairan sangat tenang dan jernih,” tutur Molina.

Tempat kedua berada di Mesir, tepatnya di laguna Abu Dabbab. Lamun yang melimpah di sana mampu menopang kehidupan dugong dan penyu hijau raksasa.

Male IndonesiaPhoto: Maxpixel.com,

Berikutnya kawasan Australia Barat. Menurut Shark Bay, kawasan ini menjadi rumah terbesar bagi populasi dugong di dunia. Terdapat sedikitnya 10.000 ekor dugong di perairan Australia Barat, dan 80.000 ekor di seluruh perairan Australia.

Aturan berenang bersama dugong
Jika Anda berenang dengan dugong, pergilah bersama kelompok kecil yang terdiri dari empat atau lima orang. Batasi waktu menyelam selama 15 menit. Di samping itu, jaga jarak dari hewan itu, sekitar 15 kaki dan jangan coba menyentuhnya.

Erina mengatakan, saat berada di dekat dugong, sebaiknya Anda jangan terlalu banyak bergerak dan tetap tenang.

Apabila Anda sedang snorkeling, gerakkan sirip buatan secara pelan sehingga tidak menampar air terlalu keras. Selama mereka tidak merasa terganggu, dugong akan terus mengunyah lamun dan Anda bisa bebas melihatnya.

Karena populasinya semakin sedikit, Molina menyarankan agar Anda tidak membeli produk apa pun yang berasal dari dugong. Entah itu kulit, obat tradisional, daging, taring, dan lain sebagainya. [GP]

SHARE