Kanker Pankreas Bisa Dicegah Sebelum Mematikan - Male Indonesia
Kanker Pankreas Bisa Dicegah Sebelum Mematikan
Gading Perkasa | Sex & Health

Gaya hidup perkotaan seringkali membuat pria mengabaikan kondisi tubuh. Ditambah lagi pola makan yang kurang sehat, hingga berbagai masalah kesehatan muncul. Salah satunya yaitu kanker pankreas.


Photo: MaxPixel

Dilansir dari American Cancer Society, kanker pankreas adalah tumor di pankreas, bagian tubuh yang melepaskan enzim untuk membantu pencernaan serta hormon pengelola gula darah kita.

Di dalam pankreas, ada kelenjar eksokrin yang membuat enzim pankreas dilepaskan ke usus untuk mencerna makanan, terutama lemak. Pada kondisi kanker pankreas, sel-sel eksokrin tumbuh di luar kendali.

Sel itu kemudian terakumulasi dan membentuk tumor. Kanker pankreas yang tidak ditangani dengan cepat menyebar ke organ dan pembuluh darah terdekat.

Sebagian besar kanker pankreas dimulai pada sel yang melapisi saluran pankreas. Jenis ini disebut pankreas adenokarsinoma atau kanker eksokrin pankreas.

Namun ada kanker yang dapat terbentuk di sel-sel penghasil hormon atau sel-sel neuroendokrin pankreas. Yaitu tumor sel pulau.

Tanda dan gejala kanker pankreas sering tidak muncul sampai terasa sakit. Akan tetapi, para dokter menunjukkan beberapa gejala seperti nyeri di perut bagian atas yang menjalar ke punggung, kehilangan nafsu makan atau penurunan berat badan yang tidak diinginkan, serta depresi.

Gejala lainnya adalah diabetes, adanya penggumpalan darah, kelelahan, menguningnya kulit dan bagian putih mata (jaundice).

Pada beberapa kasus, dokter kesulitan untuk mencari penyebab dari kanker ini, tetapi merokok merupakan faktor yang paling berpengaruh.

Faktor-faktor yang juga meningkatkan risiko kanker pankreas meliputi peradangan kronis pankreas (pankreatitis), riwayat keluarga dari sindrom genetik, tubuh gemuk, dan usia. Sebab, kebanyakan orang didiagnosis menderita penyakit tersebut setelah berusia 65 tahun.

Seperti dilaporkan Mayo Clinic, satu hal penting yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit ini adalah berhenti merokok, karena bisa memperburuk pankreas. Pertahankan juga berat badan yang ideal. Jika harus diet, targetkan penurunan berat badan yang stabil, misalnya 1 sampai 2 kilogram dalam waktu seminggu.

Kombinasikan antara olahraga dan diet kaya sayuran, buah-buahan dan biji-bijian dengan porsi lebih kecil untuk membantu tubuh menurunkan berat badan.

Diet yang sehat juga membantu mencegah kanker pankreas. Pola makan yang penuh buah-buahan dan sayuran berwarna-warni dan utuh akan menghindarkan Anda dari risiko penyakit tersebut. [GP]

SHARE