Rutinitas Simpel yang Bikin Tubuh Anda Tetap Sehat - Male Indonesia
Rutinitas Simpel yang Bikin Tubuh Anda Tetap Sehat
MALE ID | Sex & Health

Sebagai manusia tentu saja Anda wajib untuk menjaga tubuh agar selalu bugar dan terhindar dari berbagai sumber macam penyakit yang akan menyerang tubuh. Untuk menjaga tubuh agar selalu bugar, tentunya Anda harus melakukan suatu hal yang baik bagi tubuh itu sendiri. 

tetap sehat - male Indonesia
Photo by William Choquette from Pexels

Salah satu contoh untuk menjaga tubuh selalu bugar adalah dengan banyak mengkonsumsi makan-makanan yang sehat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Namun, kebiasaan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan terbilang belum efektif untuk menjaga kondisi tubuh selalu bugar dan terhindar dari seranggan penyakit. 

Hal ini disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat bagi kebanyakan orang saat ini, terlebih bagi mereka yang memiliki kesibukan yang terlalu padat, sehingga membuatnya lupa makan, kurang istirahat, strees dan lain-lain.

Gaya hidup seperti itu tentunya akan membuat kondisi tubuh menjadi lelah dan mudah terserang penyakit, untuk mendukung makanan yang telah konsumi cobalah tips berikut ini agar tubuh selalu sehat bugar.

Mandi Pagi Hari
Seperti yang Anda ketahui, kebiasaan mandi pagi baik bagi tubuh seseorang dan bermanfaat untuk awet muda. Terlepas dari pemikiran awet muda, mandi pagi dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh, mandi air dingin di pagi hari dapat merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah putih lebih banyak. 

Sel darah putih inilah yang berguna untuk menangkal segala penyakit yang akan menyerang tubuh, selain itu mandi pagi dapat melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh, dengan begitu organ dalam tubuh pun tetap terjaga kesehatannya.

Tidur Tepat Waktu
Asik dengan perkerjaan tentunya membuat Anda sering melupakan hal satu ini, tidur pada waktu yang tepat. Tidur tepat waktu pada malam hari merupakan kebiasaan yang sulit untuk dilakukan kebanyakan orang, yang perlu menjadi catatan adalah tidur malam kurang lebih 8 hingga 7 jam ternyata mampu membantu tubuh memproduksi hormon melatonin. 

Fungsi dari hormon melatonin sendiri untuk melawan bibit penyakit yang ada di dalam tubuh, sehingga daya tubuh pun meningkat. Namun perlu diingat hormone melatonin ini diproduksi ketika ruangan kamar dengan keadaan gelap ataupun sedikit cahaya.

Konsumsi Air Putih Setiap Pagi
Bagi Anda yang tidak senang mengkonsumsi air putih pada pagi hari, sebaiknya ubah kebiasaan dari sekarang. Konon air putih jauh lebih baik bila konsumsi pada pagi hari, terlebih saat perut dalam keadaan kosong. 

Keadaan perut masih kosong tersebut, mempermudah air putih memproduksi dan merangsang pertumbuhan sel-sel darah merah lebih cepat dari pada perut dalam keadaan sudah ke isi makanan, sehingga tubuh Anda lebih segar dari sebelumnya.

Olahraga Pagi Hari
Pada dasarnya berolahraga sangat baik dilakukan kapanpun. Namun alangkah lebih baik bila rutinitas olahraga dilakukan pada pagi hari dan dibawah sinar matahari. Selain tubuh bergerak dan memproduksi keringat saat berolahraga, berolahraga dibawah sinar matahari pagi memiliki kandungan vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang.

Selain itu, ketika olahraga di bawah matahari pagi, juga membantu tubuh memproduksi antibody yang berguna untuk kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. *** (SS)

SHARE