Menjadi Trending, Apa Sih Software FoxPro? - Male Indonesia
Menjadi Trending, Apa Sih Software FoxPro?
Sopan Sopian | Digital Life

Software FoxPro menjadi perbincangan hangat dan sempat trending di Twitter. Perangkat lunak tersebut viral dalam persidangan di Mahkamah Konstitusi terkait hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Software tersebut digunakan sebagai software DPT. Perangkat lunak juga digunakan untuk menunjukan NIK siluman dan NIK rekayasa. 

Foxpro-Male IndonesiaOriginal Photo: Pixabay

Dilansir dari laman Techopedia, FoxPro merupakan bahasa pemrograman prosedural database relasional. Software tersebut pertama kali dikembangkan oleh Fox Software. FoxPro diintegrasikan sebagai bagian dari Microsoft Visual Studio. 

Generasi pertama FoxPro diluncurkan pada 1984 untuk DOS oleh Fox Software dan merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi basis data. Disusul versi keduanya pada 1991 yang juga untuk DOS. Kemudian, Fox Software diakuisisi oleh Microsoft pada Juni 1992 dan sekarang dikenal sebagai VFP (Visual FoxPro). 

Versi 2.6 untuk DOS ini terus berkembang hingga 1994. Versi final software FoxPro adalah Visual FoxPro 9.0, dirilis oleh Microsoft pada 2004.  FoxPro 2.6 versi DOS ini banyak digunakan karena relatif harga lisensinya lebih murah, juga karena ringan untuk komputer yang lebih jadul. 

Mengutip dari Foxprohistory.org, pengembangan versi DOS ini berhenti di 1994. Dan pada 1995, Microsoft mengeluarkan Visual FoxPro sebagai generasi 3. Dengan hadirnya Visual FoxPro, versi DOS FoxPro ini tidak dikembangkan lagi secara resmi oleh Microsoft. 

Sedangkan versi Visual FoxPro masih terus berkembang. Visual FoxPro juga banyak diminati dibanding versi DOS karena fitur yang lebih beragam, lebih kuat, dan mampu mengolah data lebih banyak.

Tak hanya itu, harga lisensi Visual FoxPro juga terhitung lebih murah dibandingkan database besar lainnya. Juga karena relatif lebih mudah dibuat untuk program sederhana.

Sayangnya, pada 2007 pengembangan Visual FoxPro juga tidak dilanjutkan oleh Microsoft. Dan sekarng sudah tidak ada lagi versi terbaru dari Visual FoxPro.

Setelah kemunculan di acara televisi tersebut, banyak netizen yang menyoroti FoxPro ini. Perlu diketahui, software yang dikembangkan dengan VFP ini, akan bisa berkomunikasi dengan sistem database lain, mulai dari Oracle, mySQL, SQL Server, dan lain sebagainya. *** (SS)

SHARE