Karir Petenis Del Potro Berakhir di Ruang Operasi? - Male Indonesia
Karir Petenis Del Potro Berakhir di Ruang Operasi?
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Dalam sembilan bulan, petenis bernama lengkap Juan Martin del Potro dua kali mengalami cedera. Ia mengalami patah pada tempurung lutut kanannya. Atas apa yang dideritanya itu, Del Potro tidak yakin apakah telah memainkan pertandingan tenis terakhirnya.

Photo: Magnus Manske/wikipedia

Cedera Del Potro terjadi karena terpeleset di lapangan menjelang akhir kemenangannya pada putaran pertama di Queen''s Club di London atas Denis Shapovalov pada Rabu (19/6/2019). 

Walaupun ia memenangkannya dengan dua set langsung, del Potro memeriksa keadaannya secara medis setelah ia merasakan rasa sakit dan bengkak pada lutut kanannya itu. Atas insiden tersebut, melalui laman Instagramnya, ia mengatakan akan menjalani operasi di Barcelona.

"Apakah hari itu adalah pertandingan tenis terakhir saya atau tidak, hari ini saya tidak tahu," kata petenis Argentina itu dilansir AFP.

"Saya tanya para dokter apa pilihan terbaiknya, memikirkan tentang kesehatan dan lutut saya dan bukan tentang tenis, dan mereka menjawab bahwa operasi adalah pilihan yang tepat," tambahnya.

Del Potro mematahkan tempurung lututnya pada Oktober lalu di Shanghai dan terpaksa melewatkan tiga pekan terakhir dari musim 2018, termasuk ATP Finals di London.

Setelah itu, del Potro merehabilitasi lututnya dan mulai mendekati performa terbaiknya pada musim 2919. Ia mendapatkan peluang match point ketika melawan petenis peringkat 1 dunia, Novak Djokovic di perempatfinal Roma dan lolos ke babak keempat French Open sebelum kalah dari Karen Khachanov.

Jauh sebelum cedera pada lututnya, del Potro pernah cedera  pada pergelangan tangan kiri yang membuatnya absen pada sebagian besar musim 2014 dan 2015. Akan tetapi, ia berjuang kembali ke puncak permainan, mencapai final olimpiade dan membawa Argentina meraih gelar Davis Cup pada 2016.

"Saya harap saya bisa pulih dengan baik dan lutut saya sehat kembali. Saya ingin memberi tahu Anda bahwa besok saya akan menjalani operasi dan terima kasih untuk dukungan dan kekuatan yang Anda berikan dan semua rasa sayang yang Anda sampaikan kepada saya," ucap Petenis peringkat 12 dunia dan mantan juara Grand Slam AS Open itu. *** (SS)

SHARE