Penyesalan Toni Kroos Pernah Berkostum Bayern - Male Indonesia
Penyesalan Toni Kroos Pernah Berkostum Bayern
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Beberapa waktu lalu, pemain Real Madrid, Toni Kroos membuat pengakuan mengejutkan. Ia mengaku sangat menyesali keputusan memperpanjang kontrak di Bayern Munich pada tahun 2010 silam dan merasa tidak terlalu dihargai apalagi mendapat apresiasi dari klub di awal kariernya.


Photo: wikimedia commons

Pemain timnas Jerman ini menghabiskan sekitar 18 bulan bersama Bayer Leverkusen antara 2008 dan 2010 pasca kesulitan menembus skuat utama Bayern.

Begitu kembali, Toni Kroos menjadi pemain penting di klub Bayern yang berkuasa di Eropa dengan mengangkat trofi Liga Champions 2013.

Pada musim panas berikutnya, Kroos berkostum Real Madrid dan membuat fans Bayern Munich marah besar. Pasalnya, ia mengatakan bahwa El Real satu tingkat di atas raksasa Jerman tersebut.

 
 

Dalam film dokumenter soal kehidupan dan kariernya, Toni Kroos menyebut sering merasa tidak dihargai dan diapresiasi pada masa-masa awalnya bersama Bayern.

“Kemampuan dan permainan saya sering dipuji, tetapi tetap saja tidak bermain. Ketika itu, saya anggap saya layak mendapatkan lebih,” ujar Kroos, seperti dikutip dari Goal.

“Sejak awal saya tidak ingin kembali ke Leverkusen. Saya menyesalinya setelah sepuluh menit meneken perpanjangan kontrak.”

“Saat itu, Karl-Heinz Rummenigge berkata, ‘Kamu sekarang punya kontrak hebat’. Komentar dia terdengar seperti, ‘Sekarang kamu harus bermain lebih baik lagi.”

Film dokumenter tersebut berjudul Kroos dan rencananya dirilis pada 4 Juli 2019 di Jerman. Sejumlah tokoh di sekitar klub tidak ketinggalan mengomentari film itu.

“Toni memang pemain hebat, tetapi dia bukan salah satu pemain di dunia yang bisa melakukan semuanya sendirian,” ujar presiden Bayern Munich, Uli Hoeness.

“Terkadang, klub harus mengambil keputusan yang sulit. Sikap melepas Kroos ke Madrid tidak mudah dan tanpa keraguan, mungkin saja keliru.”

Sejak bergabung ke Real Madrid, Toni Kroos menikmati lima musim yang menyenangkan dengan meraih tiga trofi Liga Champions, termasuk gelar domestik LaLiga pada tahun 2017.

Mei 2019 lalu, Kroos sudah memperpanjang kontrak baru di Santiago Bernabeu. Kontrak tersebut berlaku sampai tahun 2023. [GP]

SHARE