Makna Seksualitas Bukan Hanya Sekadar Fantasi Seks - Male Indonesia
Makna Seksualitas Bukan Hanya Sekadar Fantasi Seks
MALE ID | Sex & Health

Berbicara makna atau definisi seksualitas, secara selintas tentu semua orang tahu maksud dari kata tersebut. Meski maksud dalam pikiran setiap orang berbeda, tentu tujuan maksudnya sama, yakni persoala seksual.

seksualitas - male IndonesiaPhoto by Erik Lucatero on Unsplash

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi kelima, seksualitas adalah ciri, sifat, atau pernana seks, dorongan seks, dan kehidupan seks. Di lain pihak, Mengutip laman Fantasyapp, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan definisi seksualitas menjadi kegiatan yang mengejutkan dan menyenangkan. Memang, makna konsep yang diwakili oleh WHO jauh melampaui batas rayuan dan reproduksi.

Definisi pertama dari seksualitas diberikan dalam laporan Pendidikan dan Perawatan dalam Education and Treatment in Human Sexuality: the Training of Health Professionals  (Jenewa, 1975). 25 tahun setelah definisi pertama diberikan, muncullah tesis yang dibuat terbuka untuk umum. Promotion of Sexual Health report (Guatemala, 2000).

Kemudian, pada tahun 2006 WHO dan PAHO di Jenewa, menerbitkan laporan "Mendefinisikan Kesehatan Seksual" yang berisi versi aktual dari definisi seksualitas. WHO sejauh ini menganggap definisi kategori ini masih sementara dan menyarankan untuk menggunakannya hingga saat definisi yang lebih memadai dirumuskan.

Menjelajahi seksualitas diprakarsai oleh Organisasi Kesehatan Dunia untuk tujuan memecahkan sejumlah masalah. Seperti resolusi masalah reproduksi, promosi seks yang aman dan konsep pencegahan, membina kesehatan seksual, pengenalan hak-hak seksual, dan fasilitasi pendidikan seksual.

Dalam laporannya, seksualitas dipandang sebagai aspek dasar menjadi manusia yang menganut konsep seks, identitas gender dan peran, orientasi seksual, erotisme, kesenangan sensual, keintiman dan reproduksi. Seksualitas dapat dialami dan diekspresikan dalam pikiran, mimpi dan keinginan, fantasi, kepercayaan, nilai-nilai dan sikap, tindakan, praktik, peran dan hubungan. 

Seksualitas adalah serangkaian kompleks dari dimensi yang disebutkan di atas, meskipun tidak semua dari mereka selalu diekspresikan atau dialami. Seksualitas dipengaruhi oleh faktor fisik, psikologis, sosial, finansial, politik, etnis dan budaya, etika, hukum, historis, agama dan spiritual serta interaksinya.

Dari definisi di atas, apakah Anda memiliki kalibrasi tersendiri terhadap makna seksualitas itu sendiri? Atau memang masih berpegang teguh dengan apa yang ada dalam pikiran Anda terkait makna seksualitas?  *** (SS)

SHARE