Masih Pakai Lotion Setelah Mandi? Ini Faktanya - Male Indonesia
Masih Pakai Lotion Setelah Mandi? Ini Faktanya
Sopan Sopian | Looks

Banyak orang yang berpikir bahwa dengan menggunakan lotion itu paling efektif jika dilakukan setelah mandi. Biasanya banyak orang yang menggunakan lotion-nya paling banyak dua kali setelah mandi setiap harinya.


Gambar oleh Ken Boyd dari Pixabay

Tetapi menurut sejumlah peneliti bahwa dua kali dari pemakaian lotion yang digunakan setelah mandi tidaklah cukup dalam membuat kulit menjadi lebih sehat. Menurut riset American Academy of Dermatology (AAD) yang meneliti lebih dari 20.000 dokter kulit yang berpraktik, Anda lebih baik menggunakan salep atau krim daripada lotion untuk mendapatkan manfaat paling melembabkan setelah mandi.

Jika Anda memiliki kulit kering, Anda benar-benar harus membedakan antara lotion yang umumnya lebih encer, salep yang lebih padat, dan krim yang cenderung kental. Dr. Kenneth Mark, seorang dokter ahli kulit dalam laman InStyle menurutkan, bahwa salep mungkin kurang diminati beberapa orang karena menggunakan bahan dasar minyak, jadi teksturnya lebih berminyak.

Padahal, kata dia, salep memiliki efek emolien yang paling besar. Emolien adalah zat yang membantu menenangkan kulit dan meningkatkan kadar air. "Salep juga dapat menciptakan penghalang antara kulit dan lingkungan untuk membantu menyegel kelembaban ke dalam kulit," tambah Dr Mark.

Lebih lanjut, kata Dr Mark, krim juga memiliki manfaat yang serupa dengan salep. Namun, Mark mengatakan krim memiliki sifat yang larut dalam air dan lebih melembabkan daripada lotion, tetapi tidak jauh berbeda dengan salep. "Banyak orang menganggap krim lebih disukai daripada salep karena tekstur dan konsistensinya," kata dia.

The National Eczema Society menuliskan bahwa, krim memiliki tekstur yang ringan dan dingin pada kulit yang teriritasi atau kering. Untuk lotion, The AAD and the National Eczema Society memaparkan bahwa lotion lebih mengiritasi dan kurang efektif daripada krim dan salep untuk melembabkan kulit kering.

Sesekali pemakaian lotion mungkin berguna untuk melembabkan area kulit yang ditumbuhi rambut karena konsistensinya lebih mudah untuk menyebar. Namun bagaimanapun juga, salep dan krim adalah produk yang paling ampuh untuk mengatasi kulit kering.

Mark menambahkan, Anda dapat menganggap lotion mirip dengan "bubuk dalam cairan" karena sifat emulsi yang lebih encer daripada krim dan salep. *** (SS)

SHARE