Gerakan Angkat Beban yang Rentan Bikin Cedera - Male Indonesia
Gerakan Angkat Beban yang Rentan Bikin Cedera
MALE ID | Sport & Hobby

Olahraga atau latihan fisik memang bagus untuk menunjang kesehatan, kebugaran, dan daya tahan tubuh. Meski begitu, tidak semua gerakan dalam olahraga bisa mendukung untuk mendapatkan tubuh yang bugar, terlebih jika salah dalam melakukannya.


Image by David Mark from Pixabay

Mungkin bagi mereka yang terbiasa olahraga atau latihan fisik, hal-hal yang salah bisa diantisipasi, seperti berakibat cedera misalnya. Sayangnya, tidak demikian bagi para pemula. Sebab apabila badan belum terbiasa olahraga, cedera sangat mungkin terjadi.

Oleh karena itu, melansir dari Web MD, berikut adalah beberapa gerakan yang harus dihindari agar tidak mengalami cedera bagi pemula.

Menggunakan Leg Press ke Arah Atas dan Bawah
Leg press umumnya digunakan untuk menciptakan otot pada kaki. Sayangnya, banyak pemula yang salah dalam menggunakannya. Dalam hal ini, menggunakan leg press sangat tidak disarankan dengan arah atas ke bawah. 

Sebab ini artinya bukan otot kaki yang bergerak, namun tempurung kaki yang justru dapat membuat Anda cedera. Sebaliknya, yang benar dan ditujukan pada otot kaki adalah yang mengarah ke depan dan belakang.

Angkat Beban ke Arah Depan
Mengangkat beban menggunakan bar sangat tidak disarankan dengan gerakan ke depan. Sebab, tubuh para pemula dapat menekan saraf di area bahu. Sehingga cedera sangat mungkin dirasakan. 

Sebaliknya, lebih disarankan untuk mengangkat beban ke arah kiri dan kanan untuk merangsang otot sebelum akhirnya mencoba gerakan ke depan.

Squat dengan Beban di Punggung
Untuk menambah tekanan dan mempercepat pembuatan otot kaki, cara lain yang dilakukan para pemula adalah squat dengan beban di punggung. Sayangnya hal tersebut justru dapat menyebabkan cedera pada punggung. Untuk membiasakan diri dengan hal ini, Anda disarankan untuk membiasakan diri dengan squat tanpa beban terlebih dahulu.

Membelakangi Lat Pulldown
Lat pulldown sering ditemui pada pusat kebugaran. Umumnya, ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni menaik turunkan lat dengan menghadap atau membelakanginya. Rupanya, yang tidak disarankan bagi pemula adalah membelakangi lat pulldown. Sebab jika tidak terbiasa, ini dapat menyebabkan nyeri bahu dan melukai tulang punggung. *** (SS)

SHARE