Ketakutan Berlebih Saat Berada di Tempat Ramai - Male Indonesia
Ketakutan Berlebih Saat Berada di Tempat Ramai
MALE ID | Sex & Health

Apakah Anda merasa malas berada di tempat ramai? Memang, tempat yang terlalu ramai kurang begitu disukai sebagian besar orang. Bahkan beberapa dari mereka justru takut keramaian. Jika Anda juga demikian, boleh jadi Anda mengidap agoraphobia. Apa itu?


Photo: Pixnio

Agoraphobia berasal dari bahasa Yunani kuno, agora yang berarti tempat berkumpul atau tempat umum. Kata itu sendiri mengacu pada ketakutan akan tempat ramai.

Bila diterjemahkan secara harfiah, agoraphobia merupakan gangguan kecemasan berlebih terhadap situasi dimana sulit untuk melarikan diri atau tidak ada bantuan. Tempat-tempat yang membuat seseorang mengalami agoraphobia seperti jembatan, transportasi umum, pusat perbelanjaan, dan sebagainya.

Melansir dari Klikdokter, penderita agoraphobia umumnya akan merasa takut dan tidak berdaya sehingga cemas dan panik saat berada di tempat ramai. Ketakutan ini membuat mereka ingin terus tinggal di rumah atau di dalam ruangan.

Penyebab agoraphobia belum diketahui pasti, namun terdapat pengaruh faktor genetik dan lingkungan. Di samping itu, jika seseorang menderita gangguan cemas atau panik tipe lainnya, risiko agoraphobia akan lebih tinggi.

Ketakutan yang berkaitan dengan agoraphobia antara lain tidak mau menghabiskan waktu sendirian. Lalu menghindari tempat ramai, terbuka, transportasi umum, lift. Penderitanya juga merasa terisolasi dari orang lain.

Sedangkan, gejala yang dialami orang dengan agoraphobia meliputi nyeri di dada, pusing, berdebar, sesak napas, badan gemetar, berkeringat, mual, menggigil, dan tersedak.

Menurut American Psychiatric Association, seseorang dapat didiagnosis mengidap agoraphobia bila mengalami rasa takut yang intens di tempat ramai. Rasa takut ini membuat mereka tak mampu meninggalkan tempat tersebut lantaran panik, bahkan bisa pingsan.

Bagaimana Menanganinya?
Agoraphobia biasanya ditangani dengan kombinasi psikoterapi dan obat-obatan. Kebanyakan penderita agoraphobia dapat membaik melalui penanganan yang tepat, dan sangat dianjurkan untuk berkonsultasi ke psikiater.

Jika Anda mengalami penyakit ini, disarankan segera mengubah pola hidup. Antara lain psikoterapi dan minum obat yang diresepkan dokter, menjalani metode relaksasi demi menjaga diri tetap tenang, tidak berusaha menghindari situasi yang ditakuti, mengurangi konsumsi alkohol, diet seimbang, tidur cukup dan olahraga teratur. [GP]

SHARE