Kopling Mobil Cepat Rusak Jika Cara Nyetir Begini - Male Indonesia
Kopling Mobil Cepat Rusak Jika Cara Nyetir Begini
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Kampas kopling mobil yang cepat habis sering disebabkan karena kebiasaan buruk dalam mengemudi. Dan hal ini lebih sering dialami oleh pemilik mobil manual.


Image by Free-Photos from Pixabay

Tak bisa dipungkiri, penggunaan mobil bertransmisi manual masih sering digunakan karena harganya yang lebih terjangkau dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Kopling merupakan sistem kerja penghubung dua komponen mobil lainnya yang berputar, yaitu crankshaft pada mesin dan gearbox (transmisi) yang berhubungan dengan roda penggerak. Berdasarkan itu, kopling berperan mengalirkan tenaga dari mesin ke roda penggerak agar mobil mendapatkan torsi dan kecepatan.

Kopling memiliki beberapa komponen penting, seperti Pedal Kopling, Kampas Kopling, Kabel Kopling, Matahari atau Plendes, dan Druk Laher. Apabila terjadi kerusakan pada salah satu komponen, maka mobil tidak dapat berjalan dengan baik.

Kebiasaan pengemudi saat mengendarai mobil juga menentukan cepat rusak atau tidaknya komponen kopling. Berikut kebiasaan buruk dalam berkendara yang dapat menyebabkan kopling mobil cepat rusak.

Terlalu Sering Injak Kopling
Menurut Daihatsu dalam website resmi mereka, kebiasaan terlalu sering injak pedal kopling dapat menyebabkan bantalan rilis dan kampas kopling lebih mudah aus. Kebiasaan seperti ini dikatakan sering dilakukan saat tanjakan dan macet.

Salah Masuk Gigi
Melaju menggunakan gigi tinggi namun kecepatan rendah bikin kerja kopling semakin berat dan memungkinkan terjadi selip pada kampas kopling. Hal itu juga terjadi bila pengemudi memilih gigi rendah untuk kecepatan tinggi.

Injakan Setengah Kopling
Kebiasaan menginjak setengah kopling seperti saat macet dan berada di tanjakan juga menyebabkan kopling berbau menyengat dan mempercepat kerusakan kopling.

Sehingga mengurangi sedikit demi sedikit kebiasaan menginjak setengah kopling supaya mobil tidak mudah rusak sebaiknya dilakukan.

Melepas dan Menginjak Kopling dengan Kasar
Hal pertama yang menyebabkan kopling mobil mudah rusak adalah kebiasaan kasar dalam menginjak dan melepas kopling.

Saat melepaskan pedal kopling transmisi yang belum berpindah dan terdengar bunyi kasar pada kopling merupakan salah satu pemicunya. Untuk itu, pengemudi harus memperhatikan keselarasan pedal kopling saat perpindahan transmisi mobil.

Menggantung Kaki pada Pedal Kopling 
Menggantung hampir sama bahayanya dengan setengah kopling. Hal ini bikin kopling mengalami gesekan yang tidak perlu. *** (SS)

SHARE