Kerja dari Rumah Ada Sejak 10.000 Tahun yang Lalu - Male Indonesia
Kerja dari Rumah Ada Sejak 10.000 Tahun yang Lalu
Sopan Sopian | Story

Bekerja dari rumah sejak tahun 2000-an hingga 2010 sudah mulai digandrungi. Banyak alasan untuk ini, misalnya lebih tenang, lebih nyaman, lebih fleksibel, dan bebas untuk melalukan aktivitas lainnya.


Image by tookapic from Pixabay

Bahkan, menurut census.gov, pekerjaan rumahan adalah salah satu sektor dengan pertumbuhan terbesar di AS, dengan peningkatakan 69% dalam kurun waktu 10 tahun. Hal ini terjadi memang tak dipungkiri dampak dari internet. 

Akan tetapi, kehadiran internet pun tidak begitu saja disalahkan. Pasalnya bekerja dari rumah sudah ada sejak ratusan bahkan ribuan tahun lalu. 

Seperti melansir laman History Cooperative, bahwasannya bekerja di rumah sudah ada sejak 10.000 tahun lalu di mana ketika orang-orang menemukan sistem bercocok tanam di area lahan rumah. 

Ketika nenek moyang menemukan benih, di mana berburu adalah hal yang lumrah. Umat manusia mulai menekuni pekerjaan dari rumah. Walaupun sedikit aneh mendapatkan korelasinya, tetapi ada hal kemiripan dengan apa pun antara zaman sekarang dan zaman kuno.

Alat-alat Zaman Batu sangat mirip dengan yang digunakan saat ini, karena mereka memajukan teknologi dan proses kerja ke depan untuk seribu tahun berikutnya, yang mengarah ke Revolusi Neolitik, Zaman Tembaga, Zaman Perunggu, dan kemudian Zaman Besi.

Masa Transisi
Segala sesuatu dari Kekaisaran Romawi hingga akhir Perang Dunia II dan Permulaan Baby Boom adalah tempat kompleks pekerjaan di rumah berubah paling dramatis.

Selama Abad Pertengahan dan Pencerahan di Eropa, Peradaban Barat, serta mitra Timurnya, mendapat manfaat dari barang dan jasa yang mudah diberikan di dalam wisma. Dari penjahit hingga tukang roti, pembuat sepatu hingga pemilik toko buku, stasiun perumahan secara alami menampung segala sesuatu mulai dari stok toko umum hingga ternak yang sebenarnya datang pada musim dingin.

 
 

Segalanya mulai berubah selama Revolusi Industri, ketika seluruh dunia melakukan mekanisasi dan hal-hal baru seperti mesin uap, telegraf, pemintalan jenny , dan praktik penambangan yang maju. 

Sejak Revolusi Industri dan meningkatnya kemajuan teknologi, sebagian besar dunia telah memimpin keseimbangan yang sedikit terbawah yaitu bekerja di rumah dan bekerja di lapangan.

Zaman Modern
Apa yang kita pikirkan sebagai pekerja modern yang betah tinggal di rumah benar-benar tumbuh dari akhir abad ke-20 dengan materi iklan di wilayah metro seperti New York, London, dan Paris.

Di mana mereka beriklan melalui apartemen yang berfungsi ganda sebagai ruang kerja dan ruang tamu. Dan kegemaran baru adalah untuk mengalahkan kekakuan dalam bekerja. Dan kini, siapa pun yang memiliki akses ke internet dan komputer yang mampu menjalankan pengolah dapat memulai bisnis online mereka sendiri. 

Ada ratusan panduan tentang cara menghasilkan uang secara online dan bagi mereka yang menemukan kesuksesan dengannya, bahkan alat untuk menskalakan bisnis-bisnis digital tersebut ke tingkat profitabilitas yang jauh melampaui ranah pekerja sehari-hari (pekerja lapangan).

Bahkan dengan gadget yang mewah seperti tablet, Instagram, dan Hosted PBX yang memungkinkan pimpinan membuat Anda tetap terhubung dengan Cloud, dan bisa bekerja dari rumah. Hal ini tentu tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan orang-orang kuno, menjatuhkan kacang dari teras dan kemudian memanennya. *** (SS)

SHARE