Hal Sepele yang Sebabkan Penyakit Tulang Punggung - Male Indonesia
Hal Sepele yang Sebabkan Penyakit Tulang Punggung
MALE ID | Sex & Health

Nyeri punggung adalah nyeri atau kekakuan yang dapat dirasakan di sepanjang tulang belakang, dari dasar leher hingga ke tulang ekor. Nyeri punggung umumnya bukan suatu kelainan, namun merupakan gejala dari berbagai jenis penyakit yang diderita.


Image by rawpixel from Pixabay

Tulang belakang merupakan salah satu bagian terkuat dalam tubuh. Begitu tulang penopang utama tubuh ini terganggu, rasa sakit akan menyerang sehingga produktivitas terganggu. Itu sebabnya jangan abaikan keluhan nyeri tulang punggung.

Penyebab terjadinya penyakit punggung atau tulang belakang tidak jarang adalah gaya hidup yang kurang aktif. Dan kebiasaan memegang atau menggunakan gadget dengan tidak tepat.

Selain itu, ada banyak penyebab penyakit tulang punggung, tapi tidak sedikit di antaranya berasal dari pola hidup Anda sendiri. Maka dari itu, penyebab dari penyakit ini tidaklah begitu serius, namun sepele. Nah, beriku ini adalah beberapa yang patut Anda ketahui.

Gangguan Ritme Sirkadian
Peneliti menemukan bahwa kondisi sel dalam disk intervertebral secara langsung bergantung pada seberapa stabil siklus siang dan malam hari Anda. Menurut para ilmuwan, ketika ritme sirkadian terganggu karena usia, insomnia kronis, dan shift malam, sel-sel ini mulai berfungsi buruk. Dan mengarah ke peradangan kronis. Sehingga membuat Anda lebih rentan terhadap perkembangan rasa sakit di punggung bawah dan degenerasi disk intervertebralis.

Kurang Istirahat
Sedikit dari Anda yang menyadari saat tulang belakang memberi sinyal kelelahan. Ketika Anda mulai merasa lelah dan punggung jadi kaku, segeralah beristirahat. Cara mudahnya, berbaringlah dan naikkan kedua kaki Anda lurus ke atas. 

Bekerja Sambil Berdiri
Posisi Anda berdiri berdampak besar pada kondisi leher, tulang belakang, dan bahu Anda. Postur yang salah dapat menimbulkan konsekuensi buruk yang berhubungan dengan sumsum tulang belakang. Dan menyebabkan nyeri kronis, serta kelengkungan yang serius.

Untuk menghindari postur yang buruk, Anda perlu berdiri, duduk dan berbaring dengan tekanan seminimal mungkin pada otot dan ligamen. Terutama saat bergerak dan melakukan olahraga.

Stres Pekerjaan
Para ilmuwan dari Australia telah membuktikan bahwa penyakit tulang belakang tersebar luas di antara orang-orang yang merasa tidak puas dengan pekerjaan mereka. Para peneliti tidak menemukan masalah fisiologis apa pun, lantas rasa sakit itu murni faktor psikologis.

Merokok
Merokok adalah kebiasaan yang berbahaya. Namun, di antara bahaya lainnya, merokok dapat menyebabkan sakit punggung. Karena nikotin mengganggu aliran darah normal di sekitar sumsum tulang belakang. *** (SS)

SHARE