Kini Anda Tak Lagi Bebas Mengagumi Taj Mahal - Male Indonesia
Kini Anda Tak Lagi Bebas Mengagumi Taj Mahal
MALE ID | Relax

Bagi yang hobi plesir ke luar negeri, hal ini akan menjadi peringatan penting bagi Anda. Terutama bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata salah satu keajaiban dunia di India, Taj Mahal.


Image by Sue Todd from Pixabay

Pengelola destinasi wisata Taj Mahal di India memberlakukan aturan baru berupa denda untuk menghentikan kebiasaan para wisatawan menghabiskan waktu terlalu lama di situs warisan dunia Unesco tersebut.

Menurut India Today, pihak berwenang akan memungut biaya tambahan untuk pengunjung yang berada di Taj Mahal lebih dari tiga jam. Hal itu diterapkan sebagai upaya mengurangi kepadatan pengunjung dan meminimalisasi adanya cedera pada pengunjung.

Teknisnya tiap wisatawan yang membeli tiket di dalamnya terdapat keterangan waktu masuk pintu gerbang. Jika telah membeli tiket namun telat masuk ke gerbang, maka tiketnya dianggap hangus. Saat berada di gerbang keluar, wisatawan juga akan diperiksa tiketnya dan dicek keterangan jam masuknya, sehingga ketahuan apabila melebihi limit waktu tiga jam di dalam area wisata dan layak didenda.

Kebijakan pengelola Taj Mahal ini bukan satu-satunya, Roma juga mengeluarkan sejumlah aturan baru untuk turis minggu ini, seperti melarang koper beroda di Spanish Steps dan melarang pengunjung berkeliaran tanpa busana. Beberapa pembatasan juga sangat spesifik, misalnya jika Anda minum dari air mancur, Anda tidak boleh membiarkan bibir Anda menyentuh ceret logam.

Ya, Taj Mahal di India merupakan landmark ikonik yang menjadi magnet bagi ribuan turis tiap harinya dari berbagai belahan dunia untuk melihat mausoleum putih dan arsitekturnya yang spektakuler.

Melansir Travel and Leisure, upaya-upaya semacam ini telah dilakukan oleh pihak pengelola situs Warisan Dunia Unesco itu selama beberapa tahun terakhir.  Selain itu, upaya tersebut juga ditujukan untuk membantu melestarikan situs kuno yang rapuh itu dari keausan.

Namun Anda yang ingin liburan ke India tak perlu risau akan peraturan baru tersebut, karena ada banyak hal menakjubkan lain untuk dilihat di India, seperti di Agra dan Uttar Pradesh. Jadi jangan berpikir Anda hanya bisa menghabiskan seluruh waktu di Taj Mahal. *** (SS)

SHARE